-->

Kronik Toggle

Gerakan Anak Membaca Dikembangkan di Seluruh Indonesia

Gerakan Anak Membaca akan dikembangkan di seluruh Indonesia. Targetnya, pencanangan Gerakan Anak Indonesia Membaca dilakukan pada Februari 2011 mendatang.

DIAH LITASARI Wakil Koordinator Gerakan Anak Surabaya Membaca mengatakan Surabaya diharapkan menjadi pionir untuk Gerakan Anak Membaca. Ke depan, gerakan serupa juga akan dikembangkan di Bandung, Samarinda, Palembang, Batam dan Blitar. Kota terakhir inilah nantinya yang akan menjadi tempat dicanangkannya Gerakan Anak Indonesia Membaca oleh ANI YUDHOYONO Ibu Presiden.

Gerakan Anak Surabaya Membaca sendiri sudah dicanangkan oleh DANIEL M. ROSYID Koordinator Gerakan dan DYAH KATARINA Ketua Tim Penggerak PKK Surabaya di Pusat Buku Indonesia Cerdas (PBIC) Kapas Krampung Plaza, Selasa (30/11). Melalui gerakan ini, selain meningkatkan minat baca anak juga diperkenalkan modul mengajari anak membaca yang menyenangkan.

“Semangatnya dari Gerakan Anak Surabaya Membaca. Ini sebagai revolusi membaca, kita akan mengawali dan melatih bunda-bunda PAUD yang belajar dan upgrade ilmu, simulasi membaca dan menghitung,” kata LITA sapaan akrab DIAH LITASARI pada wartawan, Selasa (30/11).

Rencananya melalui Gerakan Anak Surabaya Membaca, pada Mei 2010 lalu 1.500 bunda PAUD sudah dilatih untuk memiliki ilmu mengajar tentang membaca, menulis dan berhitung. Selanjutnya, 1.500 bunda PAUD lainnya diberi pelatihan yang sama pada Desember 2010 ini.

Dalam momen yang sama, beberapa bantuan berupa modul membaca, crayon warna dan kertas HVS untuk berkreasi. Ada sekitar 20 pos PAUD dan 300 anak yang menghadiri pencangan Gerakan Anak Surabaya Membaca bertema Gak Maca Gak Maen Rek dan diberi bantuan. Sejumlah bantuan serupa juga akan diberikan kepada pos-pos PAUD lainnya. Acara pencanangan ini juga diwarnai dengan pembacaan dongeng oleh DYAH KATARINA dan penampilan dari anak-anak PAUD.(git)

*) Suarasurabaya.net 30 November 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan