-->

Kronik Toggle

Fasilitas Taman Baca Dimanfaatkan Pelajar dan Mahasiswa

Perpustakaan dan ratusan taman baca di Kota Surabaya lebih banyak dimanfaatkan pelajar dan mahasiswa.

“Layanan di Perpustakaan Pemkot Surabaya lebih banyak dimanfaatkan pelajar dan mahasiswa dibandingkan masyarakat umum. Ya sekitar 75% pengunjung dan peminjam buku adalah dari kalangan pelajar dan mahasiswa. begitu juga di taman-taman bacaan,” kata ARINI PAKISTYANINGSIH Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya pada suarasurabaya.net, Senin (29/11).

Untuk membudayakan gemar gemar membaca di Kota Surabaya sebenarnya kata ARINI, sudah disediakan fasilitas membaca yang seluas-luasnya. “Sekarang ini sudah dibuka taman bacaan hampir di 200 lokasi di Balai RW, Rumah Susun, Liponsos, juga Karang Taruna. Selain itu juga ada layanan mobil perpustakaan keliling yang mobile di 250 lokasi tiap hari. Jika Sabtu dan Minggu perpustakaan keliling ini ada di taman-taman di Surabaya, seperti Taman Bungkul, Taman Prestasi dan menyusul beberapa taman lainnya,” ungkapnya.

Pemkot Surabaya juga memberikan layanan peminjaman buku secara bergulir, di 250 lokasi, seperti panti asuhan, LSM dan yayasan. Mereka dipinjami 200 buku, dan secara berkala akan diganti buku-buku baru, dan buku lama digulirkan ke tempat lain.

ARINI berharap, budaya membaca bisa menjamur di wilayah Kota Surabaya. ”Ketika tidak dilatih membaca sejak usia dini akan lost membaca saat dewasa. Ini bisa bahaya, karena kalau tidak gemar membaca tidak punya daya imajinasi dan gagasan yang bisa untuk pengembangan dirinya,” kata ARINI.(ipg)

*) suarasurabaya.net 29 November 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan