-->

Kronik Toggle

Dari Pakis Baru: Yuk, Nulis Sejarah Kampung

Abi, Sasa, dan Tito. Tito, siswa kelas 3 SD Pakis Baru 2, menjadi peserta termuda penulisan Sejarah Kampung Pakis Baru

Abi, Sasa, dan Tito. Tito, siswa kelas 3 SD Pakisbaru 2, menjadi peserta termuda penulisan Sejarah Kampung Pakis Baru

IBOEKOE, PACITAN — Ada yang berbeda di balai desa Satria Bhakti, desa Pakisbaru, Nawangan, Pacitan, Jawa Timur akhir pekan ini (27/11). Sembilan belas anak kampung di lembah Gunung Brengos  berkumpul dengan penuh semangat untuk belajar menulis tentang sejarah kampung mereka.

Dipandu oleh Diana AV Sasa, penulis asli Pakisbaru yang kini berdiam di Surabaya, peserta mengawali belajar mereka dengan permainan untuk saling mengenal dengan peserta lain. Peserta diminta mencari pasangan, lalu saling memperkenalan pasangan mereka tersebut. Para peserta yang awalnya terlihat canggung, mulai melebur bersama dalam acara tersebut.

Senja ini, mereka mendapat motivasi tentang pentingnya menulis hal-hal keseharian sebagai bagian dari dokumentasi sejarah oleh penulis kawakan  Muhidin M Dahlan. Gus Muh, begitu ia akrab disapa,  memberi semangat anak-anak itu untuk menulis mulai dari hal-hal yang sederhana.

“Adik-adik mesti menulis, sebab dengan menulis kita tidak akan hilang dari sejarah. Sejarah kampung ini menjadi tugas  kalianlah untuk menuliskannya” begitu laki-laki yang saat ini tinggal di Yogyakarta itu memberi motivasi.

Acara pelatihan  ini adalah program dari Balai Belajar Bersama Taruna Bhakti yang diprakarsai karangtaruna desa Pakisbaru.

Dari program ini, diharapkan, nantinya akan ada sebuah arsip sejarah, sekaligus bahan rujukan ketika masyarakat ingin tahu dan menilik kembali sejarah mereka. Uniknya lagi, sejarah kampung Pakis Baru ini akan ditulis langsung oleh warga setempat, terutama para pemuda kampung yang mengikuti pelatihan menulis tersebut. (Laporan Irwan Bajang langsung dari Pakis Baru)

3 Comments

Eri Irawan - 27. Nov, 2010 -

Pertamax! Keren, Gan.

missy_butterfly - 27. Nov, 2010 -

Hiks2

irwan bajang - 30. Nov, 2010 -

wahhh, gagal pertamax…
:”(

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan