-->

Kronik Toggle

Hibah Buku

Probolinggo– Sebagai upaya memperluas akses masyarakat terhadap bahan bacaan, Kantor Perpustakaan Daerah Kab Probolinggo meluncurkan program Gerakan Hibah Buku pada Kamis (01/07) pekan lalu, acara yang bertempat di Aula Kantor Perpustakaan Daerah Kab Probolinggo itu juga sebagai pembukaan Olimpiade Kepustakaan 2010 yang akan digelar hingga 31 Juli nanti.

Gerakan Hibah Buku merupakan program aksi kepedulian dari Pemkab Probolinggo untuk mendukung upaya-upaya fasilitasi kegiatan membaca yang dilakukan oleh taman bacaan masyarakat dan perpustakaan komunitas. Gerakan hibah buku itu didorong karena pentingnya distribusi dan akses yang merata terhadap segala jenis buku bacaan.

“Masih banyak masyarakat yang belum bisa mendapatkan kemudahaan dalam mengakses buku bacaan, dengan hibah buku ini diharapkan akan lebih banyak taman bacaan ataupun perpustakaan komunitas yang beredar maka dengan begitu masyarkat akan mudah mendapatkan buku bacaan,” ujar Kepala Kantor Perpustakaan Daerah Kab Probolinggo, Bambang Soemanto SH M.Si, Kamis (01/07) siang pekan lalu.

Pengumpulan buku dari masyarakat, jelas Bambang, bisa berupa buku baru maupun bekas tapi layak pakai. Buku yang sudah kita baca dan menumpuk di rumah itu bisa jadi adalah buku baru bagi orang lain.

Pria asli Ponorogo ini menceritakan tentang awal mula tebersitnya ide untuk membuat program hibah buku ialah ketika Istri Bupati Probolinggo, Ny Tantri Aminuddin berkunjung ke kantornya, dan saat kunjungan dadakan itulah istri dari orang nomor satu di Kab Probolinggo itu berniat menyumbangkan bukunya, saat itulah spontan muncul ide hibah buku.

Bambang menambahkan jika pada peluncuran program hibah buku ini juga dibarengi dengan penyematan pin Pelopor Gerakan Keluarga Senang Membaca,

“Yang telah disematkan pin Pelopor Gerakan Keluarga Senang Membaca wajib menumbuhkan semangat membaca di keluarganya dulu,” tambahnya.

Pria berkacamata ini mengajak bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam program hibah buku ini dapat menyerahkan koleksi buku yang hendak dihibahkannya dengan cara langsung datang ke Kantor Perpustakaan Daerah Kab Probolinggo.

“Saat ini baru 651 Buku yang terkumpul dari acara Hibah Buku, jadi bagi masyarakat yang ingin menghibahkan bukunya silahkan datang keperpustakaan,” katanya.

Bupati Probolinggo, Hasan Aminuddin mengacungkan jempol atas program dari Kantor Perpustakaan Daerah kab Probolinggo yang peduli untuk menumbuhkan semangat membaca di masyarakat dengan meluncurkan program hibah buku,”Mudah-mudahan dengan ini (Hibah Buku) masyarakat akan mulai tergerak untuk membaca, sebab membaca merupakan awal untuk mencerahkan kehidupan berbangsa,” jelasnya.

Hasan Aminuddin menegaskan bila wahyu pertama yang turun dalam agama Islam adalah perintah Iqra,”Iqra, wahyu yang pertama turun, ini jelas berarti tiap manusia diperintahkan untuk membaca,” tegasnya.

Oleh : Ahmad Sumedi

*)Citizen journalism, surabayapost, 3 Juli 2010

1 Comment

sudiyanto - 23. Jan, 2013 -

saya mau hibahkan koleksi buku-buku bekas yang sudah tidak saya manfaatkan lagi. silakan lihat di blog Koleksi Buku Bekas (http://kolbubek.blogspot.com/).
jika berminat mengambilnya, silakan hubungi saya.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan