-->

Kronik Toggle

Lomba Penulisan Iptek : Revitalisasi Sistem Inovasi Nasional

Kekuatan terbesar suatu bangsa untuk mencapai kemajuan dalam peradabannya adalah dengan penguasaan iptek. Dengan mengaplikasikan berbagai karya inovasi iptek hampir seluruh masalah pembangunan dan problem yang dihadapi masyarakat selalu dapat terpecahkan dengan teknologi modern. Hal ini telah banyak di buktikan oleh banyak negara yang menguasai teknologi.

Dalam strategi pengembangan iptek, banyak faktor yang harus mendapat perhatian, di antaranya: memasyarakatkan, serta mempublikasikan perkembangan iptek pada masyarakat, sehingga mereka termotivasi melakukan perkembangan dan pemanfaatan iptek untuk berbagai kebutuhan.

Salah satu sarana efektif untuk itu, adalah memasyarakatkan iptek melalui media massa baik cetak maupun elektronik. Peran media massa pada abad informasi dan knowledge base society sekarang ini, memang menjadi salah satu penentu arah perjalanan bangsa dan peradabannya.  Dalam upaya mendorong pengembangan dan pemanfaatan karya inovasi melalui sosialisasi dan publikasi di media massa Kementerian Riset dan Teknologi bekerjasama dengan  Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi  menyelenggarakan Lomba Penulisan Iptek.

Bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional ke-102, pada tanggal 20 Mei 2010, di Ruang Pandu, lt.3 Bidakara, Jl. Gatot Subroto, Jakarta, berkat dukungan Bakosurtanal, Mapiptek bersama-sama Kementerian Riset dan Teknologi menggelar  “Peluncuran Lomba Penulisan Iptek” dengan tema “Revitalisasi Sistem Inovasi Nasional” dan sub tema ‘Membangun Industri Geoinformasi Melalui Inovasi dan Kemudahan Akses terhadap Data dan Informasi Geospasial’ yang dipaparkan oleh Anny Sulaswatty, Kepala Biro Hukum dan Humas Kementerian Ristek.

Sub tema penulisan yang lain, dapat mencakup Strategi pemerintah dalam mendorong inovasi dan penerapannya;  Kebijakan dan program di Departemen, Industri, Perguruan Tinggi dan Pemerintah Daerah dalam mendorong inovasi;   Inovasi dan pemanfaatannya di masyarakat;   Membangun industri geoinformasi melalui inovasi dan kemudahan akses terhadap data dan informasi geospasial;   Pemanfaatan inovasi nuklir untuk mendukung kelistrikan dan pembangunan berwawasan lingkungan; Pemanfaatan inovasi teknologi informasi dalam mendukung  demokratisasi dan reformasi birokrasi; serta dapat juga mengenai  Kisah sukses inovator”,ujar Anny.

Penyelenggaraan lomba penulisan iptek 2010 merupakan kelanjutan dari lomba serupa yang sudah diadakan sejak tahun 2005. Lomba tersebut diperuntukkan bagi wartawan dan masyarakat umum di seluruh Indonesia, dengan hadiah yang menarik serta piala bergilir Menteri Riset dan Teknologi.

Tujuan dari  lomba penulisan  iptek kali ini adalah guna Meningkatkan penyebaran informasi Iptek kepada masyarakat di Indonesia; Menyosialisasikan Iptek dalam berbagai bidang kehidupan manusia; Menggugah dan mengembangkan minat menulis karya ilmiah populer; Mendorong minat masyarakat  pada iptek; Merangsang masyarakat  untuk melakukan penelitian dan menulis karya ilmiah; dan juga dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang ke 15, pada 10 Agustus 2010.

Melalui upaya ini, diharapkan, masyarakat Indonesia akan terpacu minatnya untuk mengetahui, memanfaatkan hingga mengembangkan iptek dalam kehidupan sehari-hari. Dengan langkah ini diyakini akan menjadi salah satu cara untuk mengembangkan budaya iptek.

Keterangan lebih lanjut di persilahkan menghubungi Panitia Lomba Penulisan Iptek-Hakteknas: Sekretariat Mapiptek, Press room gedung II BPPTlt dasar, Jl. MH.Thamrin no 8, Jakarta 10340, telp/faks. (021) 3169077, e-mail: mapiptek@cbn.net.id, mapiptek@yahoo.com. (iwr/md/humasristek)

*) www.ristek.go.id, 21 Mei 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan