-->

Lainnya Toggle

James Bond Kembali Muncul di Novel Baru

London – Bersiaplah, karena James Bond akan kembali. Sebuah novel baru yang menampilkan aksi agen rahasia paling terkenal di dunia itu direncanakan akan terbit tahun depan. Demikian disampaikan oleh perusahaan keluarga Ian Fleming, pencipta Bond, di London, Inggris, Jumat lalu.

Novel yang belum berjudul itu akan mengangkat petualangan dengan kode rahasia “Project X”. Buku itu akan ditulis oleh novelis Amerika Serikat, Jeffery Deaver, yang terkenal lewat serial thriller-nya yang menampilkan ahli forensik genius Lincoln Rhyme.

Buku itu akan diterbitkan pada 28 Mei 2010, tepat pada hari ulang tahun Fleming ke-103. Novel ini keluar hampir 60 tahun sejak terbitnya buku terakhir sang 007, Casino Royale.

Deaver mengatakan, karya Fleming ini penting baginya, baik secara sastrawi maupun pribadi. “Karya-karya itu muncul bagi ku sebagai kisah-kisah indah tapi juga contoh unik sebuah kepengrajinan penulis thriller,” katanya.

“Saya belajar, melalui penyerapan maupun rancangan, banyak teknik dari karya-karya Tuan Fleming: kekompakan, perhatian pada rincian, kepahlawanan melalui tokoh-tokoh yang lemah, langkah cepat, penggambaran yang nyata, dan prosa yang menukik langsung,” katanya.

Pada 2008, novelis Inggris, Sebastian Faulks, menulis sebuah novel Bond untuk menandai peringatan seabad kelahiran Fleming. Buku itu, Devil May Care, dirilis di seluruh dunia dan masuk daftar buku laris. Devil May Care mengambil latar tahun 1967 dan menampilkan beberapa merek dagang yang biasa muncul dalam kisah Bond: seorang perempuan glamor dengan nama yang tak terduga, Scarlett Papava, dan memburu penjahat bertangan monyet sebelah.

Deaver, yang mukim di North Carolina, telah menjual 20 juta lebih novelnya di seluruh dunia. Salah satunya, The Bone Collector, diangkat ke layar lebar pada 1999 dengan Denzel Washington berperan sebagai Rhyme dan Angelina Jolie sebagai tangan kanannya. Sebuah novel Rhyme yang baru akan keluar pada Juni ini di Amerika Serikat dan Juli nanti di Inggris.

Novel lainnya, Garden of Beasts, memenangi penghargaan bergengsi Crime Writers’ Association Ian Fleming Steel Dagger Award, yang diberikan kepada novel petualangan terbaik yang ditulis dengan gaya James Bond.

Managing director Ian Fleming Publications Ltd., Corinne Turner, menilai bahwa James Bond akan menjadi petualangan menarik di tangan Jeffery Deaver.

Novel James Bond baru itu akan mengambil latar masa kini. Novel itu akan diterbitkan oleh Hodder & Stoughton di Inggris dan Simon & Schuster di Amerika Serikat. Lebih dari 100 juta novel Bond telah terjual di seluruh dunia.

Pada April lalu telah diumumkan bahwa proyek film terbaru Bond, yang dikenal sebagai Bond 23, dihentikan hingga waktu yang belum ditentukan karena ketidakpastian soal masa depan distributor Metro-Goldwyn-Mayer Inc. Film direncanakan akan dirilis pada 2011 atau 2012.

*)Tempointeraktif, 30 Mei 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan