-->

Kronik Toggle

Yuyung Abdi Luncurkan Buku Surabaya Cantik

SURABAYA – Sebuah buku fotografi setebal 120 halaman yang berisi wajah-wajah Surabaya akan diluncurkan hari ini di atrium Tunjungan Plaza I. Terdapat 151 foto jepretan fotografer Jawa Pos Yuyung Abdi dengan berbagai tema. Bila dikerucutkan, ada empat jenis objek yang terdapat dalam “album” berjudul Surabaya Cantik tersebut. Yakni taman, simbol Kota Surabaya, bangunan indah bersejarah, serta Surabaya dan warganya.

“Harus diakui, semakin hari Surabaya semakin indah. Ada ta­man di mana-mana yang membuat mata sejuk memandang dan meng­inspirasi saya untuk memotret,” kata Yuyung kemarin (30/5).

Karya-karya yang ditampilkan adalah momen yang diambil sejak 2009 hingga 2010. Ini adalah buku ketiga alumnus Universitas Airlangga tersebut. Dua buku sebelumnya adalah Lensa Manusia (2004) dan Sex for Sale: Potret Faktual Prostitusi 27 Kota di Indonesia (2007).

Apakah menerbitkan buku secara rutin tiga tahun sekali sudah menjadi agenda pria kelahiran Surabaya pada 1969 itu? “Ini cuma kebetulan. Dalam waktu dekat, tak sampai tiga tahun lagi, insya Allah saya akan menerbitkan buku lagi,” ungkap ayah tiga anak tersebut.

Yuyung berharap buku itu bisa menginspirasi warga Surabaya untuk semakin mencintai kotanya yang kian indah dan sedap dipandang. Buku tersebut juga bisa menjadi sebuah memoar bagi Kota Pahlawan.

Banyak hal yang diabadikan melalui Surabaya Cantik. Di antaranya adalah langit senja Surabaya, Jembatan Suramadu yang menawan pada waktu malam, serta Taman Pelangi bundaran do­log yang bila siang memberikan ke­sejukan air mancur dan kala malam memancarkan sinar warna-warni.

“Buku ini tak hanya menunjukkan betapa cantiknya Surabaya, namun juga memvisualisasikan kerja keras dan cerdas Bu Risma (Tri Rismaharini, Red) dan rekan-rekan dinas kebersihan dan pertamanan serta perusahaan dan masyarakat yang telah mendukung penghijauan dan keasrian kota selama ini,” tulis Wali Kota Bambang Dwi Hartono dalam kata pengantarnya untuk Surabaya Cantik. (rio/c9/nw)

*) Jawa pos, 31 Mei 2010 dengan judul asli “Surabaya Cantik Rekam Keindahan Kota”

1 Comment

farid - 02. Okt, 2010 -

bukunya siip tuh

bisa membawa surabaya menjadi daya tarik kota yang indah

bukunya bisa di dapet dimana ya?

makasih

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan