-->

Kronik Toggle

Unduh Yuk, Pengalih Bahasa Google Goggles

JAKARTA— Mulai hari ini pengguna Android 1.6 ke atas bisa mengunduh update gratis ke Google Goggles agar imaji-imaji yang kamu tangkap bisa dianalisis teks asingnya. Jika kamu melihat kalimat dalam bahasa yang tidak kamu mengerti, panggil saja Google, jepret gambarnya dan tinggal tunggu hasil terjemahannya. Sederhana bukan?

Eh, cara kerja tepatnya begini. Arahkan ponselmu ke sebuah kata atau kalimat. Gunakan tombol untuk menggambar sebuah kotak di sekeliling kata-kata tersebut. Berikutnya, tekan tombol Shutter. Jika Google mengenali kata itu, opsi untuk menerjemahkan akan muncul. Nah, kamu tinggal menekan tombol Translate untuk memilih bahasa sumber dan bahasa terjemahannya.

Oh ya, prototipe terjemahan Goggles pertama kali diperlihatkan awal tahun ini di Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol. Yang dikenali waktu itu hanya bahasa Jerman. Saat ini Goggles bisa membaca bahasa Inggris, Perancis, Italia, Jerman, dan Spanyol, dan menerjemahkan ke banyak bahasa lain. Bahasa China, Hindi, dan Arab kelak juga akan tercakup. Begitu janji Google.

Selain terjemahan, Goggles v1.1 punya barcode recognition yang lebih baik, karya seni yang lebih banyak, pengenalan dari lebih banyak produk dan logo dibandingkan sebelumnya. Antarmuka pengguna pun sudah lebih bagus, begitu pula kemampuan untuk memulai pencarian visual dengan menggunakan imaji-imaji di galeri foto ponselmu.

*) Dikronik dari Kompas Tekno, 7 Mei 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan