-->

Kronik Toggle

TBM @ Mall di Surabaya

SELAIN toko buku yang menjamur, ada satu fasilitas umum baru yang bakal memperkuat gaya hidup yang bertautan dengan buku di Surabaya Timur. Yakni, Taman Baca Masyarakat (TBM) di Mall Surabaya Membaca, Kapas Krampung Plaza (Kaza).

Di Surabaya, hanya ada dua TBM di mal. Satunya lagi berada di City of Tommorow, dekat bundaran Waru. Meski baru diresmikan kemarin (30/5), TBM di Kaza langsung menarik minat, terutama kalangan anak-anak. Apalagi, di plaza yang sama ada Pasar Buku Indonesia Cerdas (PBIC).

“Kebanyakan yang ke sini memang anak-anak. Yaitu, mereka yang menunggu latihan menari dan berkunjung ke PBIC,” kata Prita Hendriana, wakil ketua TBM di Mall Surabaya Membaca Kaza. Di sebelah TBM di lantai 1 itu memang terdapat sebuah sanggar tari.

Menurut Prita, selain membaca, para pengunjung TBM bisa melakukan berbagai kegiatan lain. Misalnya, berdiskusi, berlatih story telling, menulis, dan menggambar. “Setiap minggu akan kami datangkan pemateri. Para pengunjung gratis mengikuti berbagai pelatihan tersebut,” ungkap dia.

TBM itu dibuat berdasar dua segmen, yaitu anak-anak dan remaja. Pojok anak-anak diisi dengan berbagai mainan dan buku, tentunya. Sementara itu, untuk segmen remaja dan orang tua, disediakan sofa sebagai tempat membaca.

Untuk saat ini, terang Prita, koleksi TBM Kaza baru 200 buku. Namun, jenisnya beragam. Antara lain, novel, buku kerajinan, dan komik. “Kami berusaha menggugah minat baca anak-anak dan remaja,” terang dia. Saat minat membaca buku-buku ringan tersebut muncul, mereka pasti melanjutkannya dengan membaca buku lain.

Buku-buku itu merupakan sumbangan dari berbagai pihak. Untuk saat ini, koleksi buku tersebut hanya boleh dibaca di tempat. Tapi ke depan, jika sudah banyak, buku mulai dipinjamkan.

*) Jawa Pos, 31 Mei 2010

2 Comments

Kawi Armiyasa - 20. Jul, 2010 -

saya juga bersyukur mendapat kepercayaan untuk mengelola tbm@mall “Jendela Dunia” di Mataram Mall Lombok. Sebagai tindak lanjut riel, sekarang kami sedang menggalakkan program “LOMBOK MEMBACA”. Mohon dukungan serta doa restunya demi menjadikan “Membaca sebagai Gaya Hidup”.

Tbm Hajjah Mariyam - 20. Sep, 2012 -

keinginan saya membuka TBM@mall di kota kami Kota Batu tapi tidak tau caranya bagaimana ???
mohon solusinya….
trima kasih

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan