-->

Kronik Toggle

Tahun Ini Laskar Pelangi Edar di Eropa-AS

SURABAYA-Andrea Hirata dengan novel Laskar Pelangi-nya kembali menorehkan prestasi. Penulis asal Bangka-Belitung tersebut mengaku baru saja menandatangani kesepakatan dengan AMER-Asia Book Limited, sebuah agen distribusi buku dari Amerika Serikat untuk mendistribusikan Laskar Pelangi di Eropa, Amerika, China dan Vietnam. “Untuk distribusi di China kita kerjasama dengan Yilin, sebuah penerbit lokal dari China. Minggu lalu Laskar Pelangi suda mulai beredar di sana. Dalam waktu dekat Vietnam menyusul. Eropa dan Amerika mungkin lebih lama, tapi targetnya masih dalam tahun ini,” ujar Andrea saat ditemui di Kapas Krampung Plaza (Kaza), Surabaya, Sabtu (1/5) malam.

Untuk distribusi di mancanegara, menurut Andrea, Laskar Pelangi diterbitkan dengan judul The Rainbow Troops.

Bagi Andrea, distribusi di level mancanegara ini sebagai ajang pembuktian bahwa novel karyanya tersebut tidak hanya ‘jago kandang’. Dia berharap, langkah ini diikuti oleh para penulis muda Indonesia agar karya-karyanya bisa menembus ketatnya persaingan pasar dunia.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Telkom Flexy ini, sekitar dua jam penuh Andrea berdiskusi dengan para penggemarnya mulai tentang tokoh-tokoh dalam Laskar Pelangi, proses produksi film-film dari tetralogi Laskar Pelangi, penciptaan soundtrack film hingga melebar pada masa depan sastra lokal Indonesia.

Dalam acara malam kemarin, Andrea yang masih  berstatus karyawan Telkom hingga kini juga berkesempatan membacakan dua paragraf cuplikan naskah dari buku terbarunya yang berjudul Padang Bulan. Buku ini rencananya akan di-launching bulan depan bersama dengan satu karya baru lagi yang berjudul Cinta dalam Gelas. “Semoga bulan depan sudah bisa diluncurkan. Meski dua buku ini sama sekali bukan kelanjutan dari Laskar Pelangi, namun secara eksplorasi ide, buku ini masih berhubungan dengan tokoh-tokoh dalam tetralogi Laskar Pelangi,” bisa,” ujarnya. tsa

*) Dikronik dari Surabaya Post, 2 Mei 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan