-->

Kronik Toggle

Padukan Fotografi-Minat Baca

SURABAYA– Murid-murid SD Al-Hikmah terlihat bergerombol di lobi sekolah kemarin (3/5). Mereka asyik melihat foto-foto pajangan yang bertema membaca. Aksi-aksi dalam foto-foto itu memang menonjolkan berbagai aktivitas membaca siswa-siswi sekolah tersebut.

Foto-foto itu merupakan karya murid maupun wali murid. Jumlahnya sekitar 400 foto. Namun, karena keterbatasan tempat, tidak semuanya dipajang.

Wakasek Kesiswaan SD Al-Hikmah Muhammad Sholihin menyatakan, semua foto harus berkaitan dengan membaca. Objek fotonya adalah siswa yang sedang membaca. “Kalau siswa yang memfoto dirinya sendiri kan sulit. Hasil jepretannya juga jelek,” jelasnya.

Lomba fotografi, lanjut Sholihin, bisa meningkatkan minat baca siswa. Bisa tercipta suasana belajar di mana saja. Tidak hanya di sekolah, tapi juga di rumah atau bahkan di perjalanan. Di antara ratusan foto itu, akan dipilih foto terbaik yang akan mendapatkan penghargaan dari sekolah. “Ada juri yang menilai,” jelasnya.

Selain lomba fotografi, ada lomba yang tidak kalah menarik. Yaitu, lomba melipat seragam sekolah, lomba menulis puisi untuk mama dan papa, dan lomba menulis cerpen.

Lomba melipat seragam sekolah diikuti siswa kelas I. Mereka harus berlomba-lomba untuk beradu cepat dalam melipat pakaian. Setiap siswa diberi waktu lima menit untuk melipat pakaian berwarna merah-putih itu.

Nofal Ahmad, misalnya, berusaha dengan cepat melipat bajunya. Dengan wajah serius, Nofal melipat seragam sekolah dalam waktu lima menit. “Saya sudah selesai, Ustadah,” teriaknya usai melipat pakaian. Kemudian dia datang ke salah seorang guru untuk melapor sudah selesai melipat. (lum/c13/roz)

*) Dikronik dari Jawapos, 4 April 2010

1 Comment

anantobudiarto - 13. Mei, 2010 -

adalah suatu inisiatf yang bagus. Mantap deh buat SD Al-Hikmah
🙂

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan