-->

Kronik Toggle

Mendiknas Resmikan Taman Bacaan @ Mal

GAYUNGAN Betapa enak jalan-jalan di mal sekalian menikmati buku-buku bacaan. Menteri Pendidikan Nasional M. Nuh kemarin meresmikan Taman Bacaan @ Mal di City of Tomorrow (Cito). Tempat tersebut bisa jadi pemicu peningkatan minat baca masyarakat.

Peresmian juga dihadiri, antara lain, General Manager Cito Riza Wibowo, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Suwanto, dan Direktur Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Nasional Ella Yulaelawati.

Menurut Nuh, di negara maju membaca bukan lagi minat, tetapi sudah jadi budaya dan kebutuhan. Dia berharap agar minat baca juga berkembang jadi budaya di Indonesia. “Membaca akan menumbuhkan penasaran yang akhirnya menambah pengetahuan,” tutur Nuh.

Dia menyebut, saat ini di Indonesia ada 561 taman bacaan. Sebanyak 23 di antaranya berada di mal. Kemendiknas akan terus bekerja sama dengan pihak-pihak lain, baik pusat perbelanjaan maupun mal, untuk membangun taman bacaan.

Kepala Dispendik Jatim Suwanto menambahkan, sekarang ada 1.185 taman bacaan di desa dan kelurahan di Jatim. Selain di Cito, ada taman bacaan di Kapas Krampung Plaza dan RSI Jemursari. “Nanti bukan hanya di mal, tetapi juga di rumah sakit dan rumah ibadah,” tuturnya.

Sekretaris Yayasan Pendidikan Muslimat NU Surabaya Evy Zulvy mengatakan, di taman bacaan itu juga disediakan fasilitas wifi. Tiga ratus buku disediakan dinas pendidikan dan sponsor. Misalnya, buku legenda, student guide, dan wajah DPR-DPD. Di sana juga akan diberikan berbagai keterampilan. (mer/c10/roz)

*) Jawa Pos, 31 mei 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan