-->

Lainnya Toggle

Lelang Tintin Hasilkan Rp 12,6 Miliar

PARIS – Komik serial petualangan Tintin punya magnet cukup luar biasa di kalangan penggemarnya. Itu terlihat saat acara lelang patung perunggu Tintin dan lebih dari 200 benda yang terkait dengan tokoh reporter pengeliling dunia tersebut di Paris, Prancis, pada Sabtu lalu (29/5).

Ratusan penggemar memenuhi acara penjualan dan lelang lukisan atau gambar-gambar serta patung tokoh karya pengarang Belgia Herge itu. Telang tersebut menghasilkan pemasukan EUR 1,08 juta atau USD 1,39 juta (sekitar Rp 12,65 miliar).

Yang terjual paling mahal dalam lelang tersebut adalah panel asli dua halaman komik Tintin dari tinta dan cat air. Panel dari komik berjudul King Ottokar’s Sceptre yang dibuat pada 1938 itu terjual EUR 243.750 atau USD 299.620 (sekitar Rp 2,73 miliar).

Menurut Piasa Auction House, penyelenggara lelang, itu merupakan rekor harga penjualan karya komik sejenis. ”Pembelinya adalah seorang kolektor pribadi dari Belgia. Tintin selalu kembali ke Belgia,” kata Alain Van Neygher, agen dari rumah lelang Drouot-Montaigne.

Sebuah patung perunggu, yang menggambarkan Tintin memasukkan kedua tangannya ke kantong celana dan anjing bernama Snowy di sisinya, terjual EUR 125 ribu atau USD 153.650 (sekitar Rp 1,4 miliar). Patung tersebut merupakan buatan Nat Neujean, seniman pertama yang mematungkan tokoh komik asal Belgia dan dicintai banyak pembaca di Eropa itu. Angka penjualan tersebut juga merupakan rekor tertinggi karya Neujean.

Pemilik galeri seni dari Paris, Francis Slomka, yang dikenal sebagai spesialis karya-karya komik asli, membeli patung setinggi 1,8 meter tersebut. Dia berencana memajangnya di galeri seni miliknya di Brussels, Belgia. ”Saya rasa masyarakat Belgia akan senang dengan kembalinya sang pahlawan mereka. Tintin memang luar biasa. Baca terus komiknya sampai berkali-kali, Anda akan selalu menemukan hal-hal yang baru,” tutur Slomka.

Sebuah gambar berjudul Tintin and the Shellfish (Tintin dan Kerang Laut), yang dibuat Herge pada 1947 untuk ulang tahun ke-50 seorang temannya, terjual EUR 131.250 (sekitar Rp 1,5 miliar). ”Kami mendapatkan kejutan dari gambar ini. Banyak orang menyebut ini luar biasa,” ujar Alain Cadiou, chief executive Piasa.

”Banyak pembeli berasal dari Belgia. Ada juga yang datang dari Inggris dan Spanyol. Yang jelas, semua adalah bagian dari para penggemar Tintin di seluruh dunia,” lanjutnya.

Rencananya, lelang karya Herge kembali diadakan pada 9 Oktober mendatang di Cheverny Chateau, Prancis.

Komik petualangan Tintin telah diterjemahkan ke dalam 80 bahasa lebih. Komik itu telah terjual lebih dari 200 juta sejak 1929. Herge merupakan nama pena  dari seniman Belgia, Georges Rhemi, yang hidup pada 1907 hingga 1983. (AFP/AP/c4/dwi)

*)Jawa Pos, 31 Mei 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan