-->

Lainnya Toggle

Entrok(OM):Komentar Anggota Sidang

Novel ini menarik untuk dibaca. Penulis menuturkan kisah Marni dan Rahayu dengan lancar.  Beberapa kalimat lokal disisipkan dalam dialog-dialognya sehingga kisahnya terasa membumi. Melalui novel ini kita akan melihat bagaimana Marni dan Rahayu sama-sama tak berdaya dan menjadi korban dari orang-orang yang memiliki kuasa dan senjata.  (Hernadi Tanzil, Resensor, Bandung)

Novel ini mudah dicerna serta cepat ditangkap maksud dan tujuannya. Ini memudahkan menggiring pembaca pada antusiasme untuk melanjutkan membuka halaman demi halaman, tapi dikarenakan yang bercerita (aku) pada novel ini Marni dan Rahayu (anak Marni) maka terkesan lompatan cerita seperti loncat-loncat, tapi itu biasa dan menarik. (Rama Prabu, Direktur Kaoem Dewantara Institut, Bandung)

Dari awal, saya berharap menemukan filosofi entrok, dan peran entrok itu sendiri dalam novel ini. Namun sayang, hingga tuntas saya tidak mendapatkan apa-apa tentang entrok, kecuali secara harfiah, bahwa entrok adalah bra, kutang.(Mahwi Air Tawar, Sastrawan Muda, Jogja)

Karakter Marni membuat novel ini punya daya yang terpendam. Di beberapa bagian Okky berhasil meletupkan daya yang terpendam itu. Tapi, penggarapan karakter Rahayu seringkali meredakan daya letup karakter Marni. Sebagai karakter, Rahayu terasa hidup saat berada di dekat Marni, saat jauh dari Marni, karakter Rahayu jadi layu, penuh pesan-pesan eksternal yang tidak berhasil disuntikkan dengan halus ke dalam karakternya. (Zen RS, Pejalanjauh, Jakarta)

Ambisi Marni yang menginginkan Rahayu bisa hidup “mapan” dalam versi dambaan “Cinderella”. Dari orang biasa dan tidak punya apa-apa menjadi seseorang yang disegani dan mempunyai kedudukan yang dihargai oleh masyarakat itu saya alami. Maka ini pula lah yang membuat saya merasa menjadi membenci buku ini. Bukan karena buku ini bersalah karena bercerita tentang sesuatu, tapi karena buku ini benar karena bercerita kebenaran.(Nisa Diani, Pengurus Perpustakaan Emperan ESOK, Surabaya)

entrokJudul :Entrok
Penulis :Okky Madasari
Penerbit : Gramedia
Dimensi: 13.5 x 20 cm
Tebal: 288 halaman
Cover: Soft Cover
ISBN: 978-979-22-5589-8

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan