-->

Lainnya Toggle

Dosen Fisika Koreksi Terjemahan Kata Siphon di Kamus Oxford

Queensland – Dosen fisika Universitas Teknologi Queensland (QUT) dosen fisika telah menemukan kesalahan kata yang sudah berumur 99 tahun di dalam kamus Inggris Oxford. Dan koreksi ini akhirnya diperbaiki oleh pihak Oxford English Dictionary (OED).

Tahun lalu, Dr Stephen Hughes mengatakan, telah menemukan definisi dari terjemahan kata siphon adalah salah. Shipon adalah tabung yang umum digunakan untuk mengosongkan wadah dari cairan, yang sulit atau tidak mungkin kosong. Contohnya: tangki ikan atau tangki bensin.

Dr Hughes mengatakan kamus itu sejak 1911 telah salah mendefinisikan bahwa kekuatan menyedot dari tekanan atmosfer dalam siphon kenyataannya adalah dari gravitasi. “Gravitasi itulah yang menggerakkan cairan di dalam siphon, dengan air dalam tabung panjang yang bergerak ke bawah disedot ke atas dengan tabung yang lebih pendek,” katanya.

Sekarang editor kamus OED sedang definisi siphon yang telah dikoreksi, setelah menerima email dari Dr Hughes. Para dosen senior di Departemen Fisika QUT menemukan kesalahan itu setelah melihat sebuah alat penyedot raksasa di Australia Selatan, yang menyedot air dengan kapasitas setara dengan 4.000 kolam renang Olimpiade dari Sungai Murray ke dalam Danau Bonney.

Dr Hughes mengatakan dengan menggunakan siphon bisa menyedot air lebih dari dua bulan tanpa pompa air, yang energinya setara untuk penggunaan rumah rata-rata selama lebih dari satu tahun.

*) Dikronik dari Tempointeraktif, 12 Mei 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan