-->

Kronik Toggle

Posko Gus Dur & Buku Gus Dur

SURABAYA Hari ini (7/2) tepat 40 hari meninggalnya mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Namun, sejak kemarin (6/2), diadakan berbagai peringatan. Salah satunya dilakukan DPW PKB Jatim yang menyelenggarakan tahlilan dan meresmikan berdirinya Posko Sosial Gus Dur.

Peringatan 40 hari meninggalnya mantan ketua umum Dewan Syura PKB itu diadakan di sebuah rumah di Jalan Gayungsari Barat VIII/19. Itu adalah rumah milik Ketua DPW PKB Jatim Imam Nahrawi yang sekaligus difungsikan sebagai Posko Sosial Gus Dur. Di acara tersebut, dihadiri juga 200 anak dari sejumlah panti asuhan di Surabaya.

Menurut Nahrawi, Posko Sosial Gus Dur didirikan agar masyarakat, terutama warga nahdliyin, bisa meneladani sosok cucu pendiri NU itu. Salah satu karakter Gus Dur, kata Nahrawi, adalah memiliki kepedulian terhadap sesama. ”Gus Dur adalah sosok yang rela berkorban untuk semua orang. Tidak tersekat suku dan agama,” jelas anggota FKB DPR tersebut.

Posko itu akan berfungsi sebagai pusat layanan bantuan, advokasi, dan pemberdayaan bagi masyarakat. Nanti posko itu dikelola secara profesional oleh lembaga khusus. Lembaga tersebut akan menggalang dana dari umat. Dana yang terkumpul akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Sudah banyak yang bersedia menjadi donatur. Sebagian besar adalah pengusaha dan politisi PKB.

Dalam acara kemarin juga hadir mantan asisten pribadi Gus Dur, Sulaiman. Pria yang hampir sembilan tahun mendampingi Gus Dur itu berbagi cerita tentang Gus Dur semasa hidupnya. ”Bagi saya, terlalu banyak kenangan indah bersama Gus Dur,” ujar Sulaiman.

Selain tahlilan dan peresmian Posko Sosial Gus Dur, kemarin diluncurkan buku Gus Dur; Hanya Kalah dengan Orang Madura. Buku setebal 100 halaman itu ditulis M. Mas’ud Adnan. Buku tersebut berisi guyonan-guyonan ala Gus Dur. (wan/tom)

Dikronik dari Jawa Pos, 7 Februari 2010, dengan judul asli “DPW PKB Jatim Tahlilan dan Resmikan Posko Sosial Gus Dur”

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan