-->

Kronik Toggle

Novel Ditulis via Ponsel Meledak di Pasaran

Jepang – Ponsel tak sekadar piranti untuk menelepon tapi juga bisa untuk menulis novel. Seorang gadis remaja telah membuktikannya. Novel yang ditulisnya di ponsel meledak di pasaran.

Dikutip detikINET dari Nydailynews, Kamis (11/2/2010), novel yang ditulis di ponsel lebih dikenal dengan istilah keitai. Salah satu pengarang keitai ternama adalah seorang gadis remaja dengan nama pena Bunny.

Remaja berusia 15 tahun ini menulis novel berjudul “Wolf Boy x Natural Girl” dengan ponselnya. Novel yang berkisah tentang romantika percintaan seorang gadis jelita dan seorang pria tampan ini sukses merebut hati para pembaca di Jepang.

Setelah selesai ditulis di ponsel, novel tersebut dicetak di kertas dan laris terjual lebih dari 110.000 kopi serta meraup pendapatan kotor senilai US$611.000.

“Mayoritas pengarang keitai adalah penulis amatir yang tidak pernah menulis sebelumnya dan memiliki pola cerita yang sama,” ujar Chiaki Ishihara seorang profesor sastra.

Meskipun pola ceritanya seragam, tak dapat disangkal bahwa novel-novel berbumbu kisah percintaan semacam itu banyak disukai remaja.

Dari sisi bisnis, menulis keitai memang cukup menjanjikan, tetapi para pengarang sepertinya tidak menghendaki ketenaran. Sebagai contoh, teman-teman Bunny tidak tahu bahwa keitai karya Bunny meledak di pasaran dan Bunny pun tidak ingin memberitahu teman-temannya. ( faw / fyk )

*) Dikronik dari detikinet, 11 Februari 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan