-->

Kronik Toggle

Mesin Pembaca Buku: Kindle dll

Perkembangan teknologi Internet memakan korban media cetak yang berusia ratusan tahun di Amerika Serikat. Layanan Internet yang semakin murah dan mudah membuat pembaca beralih. Pembaca bisa mengakses berita di mana pun, tanpa harus membayar.

Perusahaan pengembang teknologi melihat situasi ini sebagai peluang. Mereka menghadirkan peranti pembaca atau tablet dengan basis pelanggan berbayar. Perusahaan media cetak bisa selamat karena mendapat pemasukan dari biaya langganan. Satu di antara alat ini diluncurkan Apple, Kamis pekan lalu.

Kindle

Kindle yang dikeluarkan Amazon pada 2007 adalah peranti pembaca media pertama. Kindle menguasai pasar alat pembaca dengan penjualan sekitar 1,5 juta pada kuartal akhir 2009. Kindle terus mengembangkan produk dan muncul dengan versi terbaru, Kindle DX International. Versi ini didistribusikan pertengahan Januari lalu ke sekitar 100 negara. Ukuran Kindle setara dengan buku biasa. Tebalnya 0,9 sentimeter dan berat sekitar 18,9 ons. Kindle memiliki kapasitas 4 gigabyte, menyimpan sekitar 3.500 buku elektronik dengan berbagai format. Tersedia layanan 3G, dengan harga sekitar Rp 5 juta.

Skiff Reader

Awal Januari lalu, Skiff dan Sprint Nextel Corp. mengeluarkan alat pembaca media dan buku, Skiff Reader. Peranti paling tipis di antara produk sejenis ini beratnya setengah kilogram. Bekerja sama dengan LG Display menampilkan layar sentuh ukuran 11,5 inci dengan resolusi 1.200 x 1.600 piksel. Skiff Reader memiliki layanan 3G, Wi-Fi, dan dapat memuat beragam aplikasi yang diperoleh lewat Skiff Store.

Apple iPad

Peranti membaca media cetak ini tampilannya halus memikat dengan display OLED. Apple iPad merupakan alat pembaca plus yang sepintar laptop. Beratnya hanya seperempat kilogram, dengan ukuran layar 10 inci. Dalam peluncuran, Rabu pekan lalu, CEO Apple Steve Jobs menyatakan iPad sebagai ”produk yang magis dan revolusioner”. Apple iPad dapat digunakan untuk bermain game atau menonton video.

Apple iPad menyediakan beragam fungsi, seperti koneksi Wi-Fi dan jaringan 3G, kamera, fitur multi-touch, dan beragam aplikasi yang bisa didapatkan dari Apple Store. Seperti iPod dan iPhone, iPad bisa melakukan harmonisasi data dengan komputer, baik yang berbasis Macintosh maupun Windows. Apple akan mendistribusikan iPad bulan depan. Tersedia beragam versi dengan kapasitas 16-64 gigabyte. Harga jual US$ 499-699 atau Rp 4,7-6,6 juta.

Sumber: Tempo, 50/XXXVIII 01 Februari 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan