-->

Kronik Toggle

Mengenang Romo Yunani Dengan Buku

I:BOEKOE,SURABAYA – RM Yunani Prawiranegara adalah seorang penulis yang tekun dan produktif. Ia mendapat apresiasi khusus di kalangan seniman dan budayawan Jawa Timur. Untuk mengenang almarhum, Kamis (18/2) siang, Dewan Kesenian Jawa Timur menggelar acara orasi budaya dan peluncuran buku Konservasi Budaya Panji di Galeri Surabaya.

Konservasi Budaya Panji ditulis Romo Yunani bersama lima penulis lainnya.  Buku tersebut berisi tulisan mengenai budaya Panji yang menjadi akar budaya Jawa Timur. Romo Yunani sebelum meninggal juga aktif mengikuti diskusi mengenai Budaya Panji yang salah satunya pernah digelar di CCCL.

Sejumlah tokoh hadir dalam acarayang digarap bersama antara Dewan Kesenian Jawa Timur, Dewan Kesenian Surabaya, Paguyuban Penulis Sastra Jawa dan PWI Jawa Timur. Di antaranya nampak  bakal calon wakil walikota Surabaya, Dhimam Abror, Akhudiat sang ‘buku berjalan’, dan penulis sastra jawa, Suparto Brata.  Para seniman yang turut hadir bergantian menyampaikan orasi budaya untuk mengenang Romo Yunani dan sekaligus membincang Budaya Panji. Giryadi , redaktur budaya Surabaya Post misalnya, ia membacakan hasil tulisan Romo Yunani yang terangkum dalam Konservasi Budaya Panji.

Menurut Ribut Wijoto, ketua pelaksana acara ini, panitia menyediakan 200 buku untuk dibagikan gratis di acara itu. Selebihnya, masyarakat dapat mendapatkannya di toko buku. (DS)

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan