-->

Kronik Toggle

Larang Buku, Pemerintah Dinilai Barbar

Aktivis Koalisi Masyarakat sipil Pembela Kebebasa Berekspresi, Fadjroel Rahman menilai pelarangan buku yang dilakukan oleh pemerintah adalah tindakan bodoh. Dia menegaskan, pengajuan uji materi pelarangan buku merupakan suatu upaya agar hal ini tidak terulang kembali di masa mendatang.

“Buku harus di lawan dengan buku. Riset ilmiah harus dilawan dengan riset ilmiah. Pemerintah kita ini bodoh dan barbar, ” kata Fadjroel di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Selasa 23 Februari 2010.

Fadjroel yakin benar bahwa MK akan membatalkan dasar hukum pelarangan buku tersebut, yakni Undang – Undang (UU) nomor 4/PNPS/tahun 1963 tentang Pengawasan Barang Cetakan yang Isinya Dapat Menganggu Ketertiban Umum.

Dia mengaku pada tahun 1990 bukunya juga dibredel oleh Kejaksaan Agung. “Sampai sekarang saya tidak tahu nasibnya,” kata dia. Dia mengatakan UU nomor 4 itu juga digunakan pada zaman manifesto kebudayaan (manikebu) untuk melarang buku di bawah bendera revolusi.

Sementara itu, salah satu pendukung pencabutan undang-undang buku, Ade Rostina Situmpul mengaku prihatin dengan adanya pelarangan buku. Dia hanya melihat nasib generasi muda ke depan. “Apa dengan pelarangan buku mereka bisa bersaing?” ujar aktivis Imparsial itu.

Selanjutnya, kata dia,  mengatakan salah satu alasan melarang buku tersebut karena dikhawatirkan menimbulkan keresahan masyarakat. “Masyarakat mana yang diresahkan? buku ini hanya kalangan tertentu yang membaca,” kata dia.

Ade tak yakin jika pihak kejaksaan sudah membaca buku-buku ini dengan benar. “Buku ini hasil penelitian,” kata dia.

Penulis Lekra Tak Pernah membakar Buku, Harian Rakjat 1965 1950-1965, Rhoma Dwi Aria Yuliantri daan Institut Sejarah Sosial Indonesia (ISSI) mengajukan uji materi UU n0 4/PNPS/tahun 1963 tentang pengawasan barang cetakan. Pemohon mengatakan pengajuan uji materi tersebut merupakan upaya agar kasus serupa tak terulang lagi.

*) Dikronik dari Vivanews, 23 februari 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan