-->

Tokoh Toggle

Jonathan L. Parapak:Terbiasa Menulis Sistematis

parapakKEWAJIBAN berujung kemahiran. Ungkapan itu mungkin cocok dengan keahlian menulis Jonathan L. Parapak,Rektor Universitas Pelita Harapan (UPH).

Dia memang harus menulis ketika duduk di bangku kuliah. Maklum, dia meraih beasiswa di Universitas Tasmania, Australia. Sistem pendidikan di Negara Kanguru itu tentu berbeda dengan di Indonesia.

Parapak muda wajib membuat paper. Kewajiban itulah yang membuatnya mahir. Hingga sekarang, Parapak bisa membuat artikel dalam hitungan jam. ”Karena Tuhan juga memberikan pikiran jernih, klir, saya bisa menulis dengan sistematis,” ungkap pria 67 tahun itu.

Kesempatan kuliah di Australia, baginya, merupakan karunia yang sangat berharga. Bapak tiga anak itu tidak ingin menyia-nyiakannya. Dia berusaha maksimal untuk mengembangkan kemampuan. Yakni, terus berkarya dan berbagi ilmu dengan sesama.

Nah, meski telah mengeluarkan dua buku, kakek enam cucu itu tetap ingin membuat buku lagi. ”Menciptakan sesuatu yang baru untuk menambah pengetahuan bagi banyak orang,” ujarnya. Tidak sekadar menulis buku sebagaimana yang sudah ada di pasaran.

Tulisan yang tengah disiapkan Parapak menjadi sebuah buku itu berisi tentang kepemimpinan. Pastilah bukan tentang leadership biasa. Tapi, kepemimpinan secara holistik. ”Sebuah kepemimpinan menyeluruh yang tidak hanya menonjolkan salah satu bidang,” jelasnya.

*) Dikronik dari Jawa Pos, 24 februari 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan