-->

Kronik Toggle

Diresmikan, TBM Manggarai

JAKARTA- Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo meresmikan taman bacaan dan toko buku masyarakat Al Hidayah di Jalan Swadaya II, Manggarai, Jakarta Selatan, Selasa (23/2). Taman bacaan itu menyediakan dan menjual berbagai buku untuk anak-anak sampai orang tua.

Menurut Fauzi, taman bacaan masyarakat semacam ini sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan warga Jakarta. Buku itu dapat menginspirasi warga menciptakan usaha produktif.

”Ibu-ibu harus mendorong anaknya rajin membaca buku. Dengan membaca, anak-anak akan menjadi pribadi yang cerdas dan berguna bagi masyarakatnya,” kata Fauzi.

Sinta, warga Jalan Swadaya II, mengungkapkan kegembiraannya. Menurut dia, anak-anaknya dapat diajak membaca agar tidak hanya bermain di jalanan.

Fauzi juga berjanji akan menambah koleksi buku senilai Rp 5 juta ke taman bacaan tersebut. Penambahan koleksi itu penting agar warga dapat mengakses informasi dari berbagai jenis buku.

Lokasi taman bacaan dan toko buku masyarakat merupakan wakaf dari KH Abdul Hamid, pemuka masyarakat setempat. Adapun koleksi buku di taman bacaan itu berasal dari sumbangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan sumbangan donatur, termasuk Dana Kemanusiaan Kompas.

Dana Kemanusiaan Kompas menyumbang 785 buku dan majalah. Selain taman bacaan Al Hidayah, Dana Kemanusiaan Kompas juga menyumbang buku di 19 perpustakaan dan taman bacaan masyarakat lainnya. Total buku yang disumbangkan ke-20 taman bacaan itu mencapai 20.000 buku dan majalah.

Ketua Dana Kemanusiaan Kompas Muhammad Nasir mengatakan, di Jabotabek, pihaknya akan menyumbang buku bagi 30 taman bacaan masyarakat lagi. Bantuan serupa juga akan diberikan bagi 200 taman bacaan masyarakat dan perpustakaan di semua wilayah Indonesia, di luar Jabotabek.

”Buku itu adalah sumbangan pembaca harian Kompas Setiap perpustakaan dan taman bacaan akan mendapatkan sekitar 1.000 buku. Buku-buku yang diberikan adalah buku keterampilan praktis, novel, cerita anak, dan ilmu pengetahuan,” kata Nasir.

Sumber: Kompas, 24 Februari 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan