-->

Kronik Toggle

Cergamboree: Festival Komik Urban

IBOEKOE, SURABAYA-Berniat menularkan semangat Festival Komik di Prancis yang berskala internasional, Angoulême International Comics Festival, para pegiat komik dan seni urban Surabaya menggelar festival komik yang menjadi agenda tahunan Pusat Kebudayaan Prancis. Cergamboree, tajuk yang mereka pilih untuk menyebut festival itu, kini telah memasuki tahun ketiga.

Malam ini (18/2) Cergamboree 2010 dibuka di Pusat Kebudayaan Pancis, Jalan Darmokali. Menurut Kathleen Azali, pengamat komik dan sekaligus pemilik Perpustakaan C2O, festival kali ini diikuti oleh sejumlah seniman dan studio komik dari Surabaya, Jakarta, Bandung, Malang dan Prancis.

Dalam festival ini, seniman komik asal studio La boîte à Bulles Prancis, Clément Baloup, berbagi pengalaman dan bertukar pendapat dengan seniman Indonesia dan publik Surabaya dalam workshop yang digelar mulai tanggal 16, 18 dan 19 besok. Ia juga akan membuat catatan perjalanannya tentang Indonesia yang nantinya akan diterbitkan, seperti halnya Sylvain-Moizie, koleganya yang tahun lalu ikut pada ajang ini di Surabaya.

“Salah satu tujuan “Cergamboree” adalah untuk memberi dukungan, agar komik buatan lokal yang memiliki ciri khas masing-masing makin dikenal dan diterima oleh masyarakat negeri sendiri. Selain itu, kami ingin dapat membuka jaringan dan pertukaran wawasan antara Indonesia dengan Prancis melalui kehadiran tamu seniman asal Prancis tersebut”, tambah Kathleen.

X-Go, salah seorang peserta festival dari Surabaya yang mengusung Bunuh Diri Komik Studio, mengaku senang dengan adanya ajang seperti ini. “Di luar negeri komik tidak dipandang sebelah mata sebagai bacaan anak-anak. Komik adalah bagian dari seni. Adanya festival semacam ini memberi ruang pada seniman komik lokal yang umumnya bekerja independen untuk memperkenalkan karyanya. Sekaligus mewacanakan komik sebagai bacaan alternatif dan gerakan seni budaya urban yang sejalan dengan nafas Srabaya sebagai kota metropolis industri”.

Pameran ini akan digelar hingga 20 Februari 2010. Selain pameran, juga digelar workshop, pemutaran film, permainan komik, peluncuran buku, dan diskusi (DS)

1 Comment

Perpustakaan C2O - 28. Feb, 2010 -

Trims Mba Sasa dan Indonesia Buku atas liputannya 🙂 Ini alamat website Cergamboree, ada update foto-foto, PDF katalog, gosip-gosip dsb.
http://cergamboree.wordpress.com/

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan