-->

Literasi dari Sewon Toggle

Dewan Pembaca I:BOEKOE

Mulanya terinspirasi dari Film Jane Austen Book Club yang menceritakan tentang 6 orang penggemar Jane Austen yang membaca 6 buku karangan Jane Austen selama 6 bulan. Satu bulan satu pertemuan dengan satu orang pemapar isi buku. Klub ini menginspirasi kami tentang bagaimana sebuah buku terus diperbincangkan sehingga selalu menemui kebaruan konteks dari setiap masa yang berbeda.

Kemudian, Kami pernah bergabung dengan komunitas dunia maya bernama Kutu Buku Gila (KUBUGIL) yang menggerombol di situs jejaring Multiply.com sekira awal tahun 2008. Di komunitas maya ini kami sering membuat acara baca buku bareng dan nonton film bareng. Setiap anggota membaca atau nonton di rumah masing-masing kemudian menuliskan resensi dan di naikkan di situs masing-masing. Kegiatan rutin bulanan ini mengambil 3 orang penulis resensi terbaik dan diberikan hadiah buku. Sayang kegiatan ini meredup.

Suatu waktu, kami melihat rubrik Bookaholic di halaman Deteksi harian Jawa Pos yang berisi liputan beberapa orang kutu buku yang membahas sebuah buku di tempat yang gaul (umumnya café). Mereka memberikan komentar masing-masing mengenai buku tersebut dalam situasi yang penuh canda. Segala pendapat dan obrolan ringan mengenai buku itu kemudian di tulis dalam sebuah reportase. Disini, buku ternyata bisa juga menjadi bahan gossip dan obrolan ringan.

Mulai januari 2010, Indonesia Buku akan mengahadirkan liputan khusus mengenai perbincangan buku. Beberapa buku akan diperbincangkan oleh para anggota Dewan Pembaca Indonesia Buku, kemudian redaksi akan menyajikan liputannya dalam bentuk:

–    Pengantar redaksi

–    Diskusi Buku

–    Cuap-cuap

Tayangan ini akan dimuat setiap dua minggu sekali di situs Indonesiabuku.

Salam

REDAKSI

5 Comments

Aya katarai - 19. Des, 2009 -

Siipp…aku tunggu yaa….

wahid - 12. Jan, 2010 -

oke, aku tunggu juga 😀

dewa01api - 22. Jan, 2010 -

ditunggu

IBOEKOE - 22. Jan, 2010 -

akhir bulan edisi perdana muncul….

sugeng ponorogo - 01. Feb, 2010 -

q juga tunggu..

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan