-->

Kronik Toggle

BMH Entas Buta Huruf Melalui Bantuan Buku

SURABAYA-Ditengah kesadaran membaca masyarakat Indonesia yang sangat rendah, maka perlu adanya perhatian penuh dari berbagai pihak untuk meng-cover agar masyarakat tersadarkan bahwa membaca akan membuka jendela informasi. Apalagi dikawasan yang terbilang daerah pinggiran.

Oleh karena itu Baitul Maal Hidayatullah Surabaya (BMH) memberikan seuntai senyum kepada perpustakaan desa yang sangat minim koleksi bukunya. Tercatat 1000 lebih buku yang disantunkan kepada perpustakaan desa.

Daerah yang mendapat santunan buku adalah Jawa Timur kawasan bagian barat. Satu diantaranya perpustakaan Al Ikhlas yang terletak di kabupaten Magetan. Di perpustakaan itu BMH memberikan 800-an buku yang terdiri dari berbagai macam judul.

Buku pendidikan untuk usia sekolah, buku ilmu pengetahuan sosial, buku cerita dan buku bermuatan agama. “Rata-rata buku pelajaran yang sangat dibutuhkan oleh daerah itu,” ujar IHYA ULUMUDIN, Kepala Pendayagunaan BMH.

Ditambahkan IHYA, buku-buku yang disalurkan untuk perpustakaan desa, sebelumnya telah dilakukan survey sederhana tentang minat baca masyarakat didesa bersangkutan. “Jika animonya memang bagus, maka kami memberikan tambahan buku sumbangan, agar masyarakat lebih giat membaca,” tambah IHYA.

Sementara itu, dari perwakilan pihak penerima bantuan buku-buku tersebut, mengutip siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (29/12), mengaku sangat berterimakasih sekaligus menyampaikan apresiasinya. Pasalnya masyarakat membutuhkan informasi seluasnya untuk menambah pengetahuan, dan yang dilakukan BMH ini telah membantu program pemerintah dalam mengentaskan buta huruf.(tok)

*) suarasurabaya.net , 29 Desemeber 2009

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan