-->

Kronik Toggle

Berjalan 1,5 Km, Bacakan Buku Dalam Bahasa Jawa

YOGYAKARTA — Seorang penulis buku dalam bahasa Jawa, Yohanes Siyamta, mempromosikan karyanya dengan cara unik. Pria nyleneh ini berjalan kaki dari Tugu Yogyakarta hingga ke pelataran Kraton Yogyakarta yang berjarak sekitar 1,5 km sambil membacakan karya tulisanya dalam bahasa bahasa Jawa.

Lengkap dengan busana ala Jawa, Yohanes Siyamta menggelar aksi promo buku berjudul Lodeh Kahanan tersebut ditemani rekannya, Bambang Nursinggih. Sepanjang jalan yang mereka lintasi, keduanya menyempatkan mampir di tempat-tempat strategis untuk membacakan buku Lodeh Kahanan.

“Seperti ini merupakan bentuk kepedulian kami dengan penggunaaan bahasa Jawa kepada masyarakat Yogyakarta, sekaligus untuk pelestarian budaya Jawa,” kata Yohanes Siyamta disela pembacaan bukunya di Tugu Yogyakarta, Sabtu (12/12).

Yohanes juga menerangkan, banyak penerbit saat ini yang merasa kesulitan untuk menerbitkan dan memasarkan buku bahasa Jawa. Menurutnya, cara yang dilakukannya seperti ini merupakan terobosan baru dalam memasarkan buku.

Buku Lodeh Kahanan ini berisi 41 cerita pendek yang merupakan cerita-cerita kehidupan sosial, politik, keamanan, terorisme yang terjadi di tanah air. Cerita yang diangkat beragam, seperti cerita Trans Jogja, BBM (Bola-Bali Mundhak), Facebook, Dudu Noordin M Top, hingga masalah RUUK DIY pun juga tertuang dalan buku karya Yohanes Siyamta ini.

Aksi Yohanes Siyamta ini cukup menyita perhatian para pengguna jalan dan masyarakat Yogyakarta yang kebetulan melihat aksi mereka berdua. Setidaknya, beberapa titik disinggahi Yohanes Siyamta, seperti di depan kantor Surat Kabar Harian (SKH) Kedaulatan Rakyat, Stasiun Tugu, Hotel Garuda, DPRD, Gedung Kepatihan, Pasar Beringharjo, Gedung Agung dan berakhir di halaman Kraton Yogyakarta.

* Dikronik dari Harian Kedaulatan Rakyat edisi 12 Desember 2009

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan