-->

Kronik Toggle

Belajar Jurnalistik, Datangi Bienalle Jawa Timur III

Sekurangnya 50 siswa SMP Tunas Bangsa, Kamis (17/12) mendatangi pameran seni rupa Bienalle Jawa Timur III di Galeri Dewan Kesenian Surabaya (DKS). Mereka belajar mengenal karya seni sekaligus mengapresiasinya.

“Tidak ada benar atau salah dalam kesenian. Kalian boleh menuliskanapa saja tentang yang kamu lihat dalam ruangan ini. Jelek, bagus, porno, atau apalah, silahkan saja kalian tulis. Bebas, nanti selanjutnya kita diskusikan bersama,” terang TAUFIK MONYONG.

Kamis (17/12) TAUFIK MONYONG mengajak para siswa untuk belajar mengenali karya seni kemudian sedikit mencoba belajar mengapresiasi karya tersebut. “Memang tidak gampang dan butuh waktu panjang untuk bisa menikmati sebuah karya seni. Tetapi paling tidak jika kalian jujur menyampaikannya, itu sudah jadi modal utama. Kejujuran dalam berkesenian,” tambah TAUFIK MONYONG.

TAUFIK MONYONG yang kerap turun kejalan menyampaikan segala persoalan tersebut, memang merupakan satu diantara seniman yang tampil dalam Bienalle Jawa Timur III tahun 2009. di galeri DKS kompleks Balai Pemuda TAUFIK MONYONG menyajikan karyanya.

“Dan kebetulan, siswa yang ikut hadir disini merupakan siswa yang mengikuti ekstra kurikuler jurnalistik. Mereka diajak belajar mengenali data, sekaligus bertemu langsung dengan nara sumber,” papar DAMAN koordinator kegiatan mewakili SMP Tunas Bangsa, Surabaya, padasuarasurabaya.net, Kamis (17/12).

Lalu anak-anak yang memang masih belum paham betul tentang sebuah karya seni, mendegarkan dengan seksama uraian yang disampaikan TAUFIK MONYONG tentang karya-karyanya yang memang terkesan aneh dan semaunya sendiri tersebut.

Ditambahkan DAMAN, bahwa kegiatan ekstra kurikuler jurnalistik, Kamis (17/12) akan berlanjut dengan mendatangi sejumlah lokasi seni dan budaya di Surabaya. “Agar anak-anak berani melihat danmendatangi kawasan-kawasan yang belum mereka kenal, temasuk wilayah seni dan budaya,” tambah DAMAN pada suarasurabaya.net, Kamis (17/12) di Galeri DKS.(tok)

*) Dikronik dari Suarasurabaya.net edisi 17 Desember 2009 dengan judul asli “Belajar Apresiasi Seni Datangi Binnale Jawa Timur III di Galeri DKS”

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan