-->

Kronik Toggle

[AGENDA] Diskusi 'Penggila Buku' di Solo

Penggila-Buku-Solo-Post-WEBTanggal:
09 Desember 2009
Waktu:
09.00 – 12:00
Tempat:
Lantai 2 ruang sidang gedung A FKIP UNS, Solo

Setelah Jakarta, Bandung,Surabaya,Jogja, kini giliran ” Para Penggila Buku:Seratus Catatan di Balik Buku”, menyurungkan diri di hadapan sidang pembaca kota Solo. Semoga bisa menjadi penutup akhir tahun yang bermanfaat untuk semua pecinta buku.

Bagi kawan-kawan yang berada di kota Solo dan sekitarnya, silahkan mampir ke kampus UNS dan turut berbagi ilmu membaca+menulis bersama teman-teman pergerakan mahasiswa dan pers mahasiswa. Berikut ini panduan acaranya:

Sejarah memperlihatkan kita, bagaimana pengaruh pemikiran terhadap perubahan zaman. Lewat pemikiran orang-orang hebat seperti Aristoteles, Plato, atau dalam negeri sendiri ada Soekarno, Hatta, Tan Malaka, Soe Hok Gie dsb. Mereka dikenang generasi sesudah mereka, karena sumbangsih pemikiran mereka terhadap perubahan zaman.

Pemikiran mereka bisa begitu massif menyebar, ketika orang mulai banyak mengkaji dan menulis kembali pemikiran-pemikiran mereka dalam sebuah catatan atau buku. Ada korelasi setelah ditemukannya mesin cetak di zaman revolusi industri antara pemikiran barat dengan massifnya persebaran pemikiran tersebut.

Sedikit berbeda dengan keadaan di negeri kita, Indonesia. Tradisi orang Indonesia bertutur kata (lisan) lebih dominan daripada tradisi tulisan. Ini mungkin salah satu sebab kenapa banyaknya gagasan para pemikir kita kurang ekspansif dalam persebarannya. Salah satu perbandingan, Deklarasi Universal HAM (DUHAM) yang dibuat pada tahun 1948, lebih dikenal dunia, dibandingkan pembukaan UUD 1945, yang notabene dibuat 3 tahun sebelumnya. Hal ini menjadi salah satu bukti, bagaimana pemikiran atau gagasan bisa sedemikian massif tersebar, lewat bantuan tulisan atau media cetak.

Untuk itu, perlu bagi kita mengangkat wacana ini, dengan tujuan menstimulus para generasi muda kita agar sadar akan pentingnya budaya menulis, disamping budaya bertutur. Karena lewat tulisanlah kita juga akan dikenang dalam sejarah, seperti yang dikatakan Pramoedya A. Toer di halaman 356 kuartet keempat Buru, Rumah Kaca:”Menulislah, jika tak menulis, maka kamu akan ditinggalkan sejarah.”

Diskusi dan Bedah Buku Buku
“Para Penggila Buku:100 Catatan dibalik Buku”
karya Muhidin M Dahlan & Diana AV Sasa

Tema diskusi : “Memilih Menjadi Penulis”
Tanggal : Rabu, 9 Desember 2009
Waktu : Pukul 08.00 WIB-selesai
Tempat : Ruang Seminar Gd. A Lt 2 FKIP UNS

Menghadirkan
Muhidin M Dahlan (Pegiat lembaga riset dan penerbitan Indonesia Buku)
Diana AV Sasa (Penulis)
Sudharmono, SU (Sejarawan, Dosen FSSR)
Moderator : Sholahudin Aly (Pegiat Lembaga Riset Kaukus 17++)

Acara ini didukung sepenuhnya oleh:
– Lembaga Riset dan Penerbitan Indonesia Buku (i:boekoe), www.indonesiabuku.com
– Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Kentingan
– Himpunan Mahasiswa Program Studi Bahasa Indonesia (HIMPROBSI) FKIP UNS

NB: Ada tips-tips menulis yang akan diberikan di akhir acara
Juga ada sertifikat bagi peserta

JANGAN LEWATKAN…!!!

2 Comments

Peluang Usaha Dunia Akhirat - 05. Des, 2009 -

ikut gak ya?

Isa - 07. Apr, 2010 -

TELAH TERBIT BUKU “YESUS ATAU NABI ISA DILECEHKAN”

Yesus atau Nabi Isa dituduh memerintahkan supaya tidak jujur. dituduh memerintahkan supaya memakan darah dan daging manusia. dituduh memerintahkan supaya membenci ibu dan ayah kita. dituduh memerintahkan supaya membiarkan orang yang hendak merampas harta dan kehormatan kita. dituduh diciumi wanita yang bukan istri dan keluarganya. dituduh pemarah. dituduh datang untuk membutakan manusia. dituduh angkuh kepada ibunya. dituduh tidak adil. INI ADALAH FAKTA.

Buku ini juga mengupas aturan aturan di dalam kitab Bibel yang lebih berat dari pada syari’at Islam. sebagai contoh: tidak boleh melakukan pekerjaan apapun pada hari sabtu. dan jika ada yang melanggarnya, maka hukumannya yaitu DILEMPARI BATU SAMPAI MATI. juga wanita hanya diperbolehkan menikah hanya sekali seumur hidup. dan jika wanita menikah dua kali, maka ia dianggap sebagai PEZINA. serta aturan aturan yang memberatkan lainnya.

Buku inipun juga mengupas tentang Ibadah ibadah Islam yang dikerjakan dan diakui oleh Yesus. misalkan sholat 5 waktu, zakat, puasa 1 bulan, sunat, thowaf haji.

HARGA RP. 20.000 BISA DIBELI DI: TB. AZIZ SRIWEDARI, TB. AROFAH NGRUKI, TB. SARANA HIDAYAH UNS, TB. ROBBANI JEBRES, TB. AL FAZA UMS, MASJID KALITAN GRAND MALL.

PEMESANAN: 0271-9170500 ATAU WESELKAN RP. 30.000 KE ALAMAT PENERBIT: KAROMAH JL. NGEBRUSAN 34 RT3 RW2 KESTALAN SOLO. A/N ADI FANDIYASA

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan