-->

Lainnya Toggle

Tips Membeli Buku

Berbelanja buku, seperti halnya belanja barang yang lain juga butuh strategi khusus untuk mendapat buku sebanyak-banyaknya dengan harga semurah-murahnya. Berikut ini beberapa tips agar Anda bisa menghemat dana Anda dan mendapatkan buku yang sesuai keinginan dan kantong:
  • Sebelum membeli buku, pastikan berapa buku yang sudah Anda miliki, seberapa besar kebutuhan akan buku tambahan, dan berapa banyak buku yang akan Anda tambahkan sesuai dana yang Anda punya.
  • Siapkan catatan buku apa saja yang ingin Anda beli
  • Untuk mendapat harga murah, Anda bisa membeli dengan alternatif:

–          Membeli di pasar buku loak. Kondisi buku terkadang tidak sempurna, namun selama masih bisa dibaca dan kerusakan tidak parah, tak ada salahnya menghemat pengeluaran.

–          Membeli saat bursa atau pameran buku. Bursa buku atau pameran buku umumnya diikuti penerbit dan memberikan potongan harga cukup tinggi. Disini juga sering terdapat buku cuci gudang dengan harga sangat murah.

–          Membeli saat musim diskon. Bila buku yang Anda inginkan hanya ada di toko buku, usahakan membelinya saat musim potongan harga. Biasanya musim masuk sekolah atau akhir tahun (desember).

–          Membeli langsung ke penerbit. Bila membeli langsung ke penerbit umumnya akan mendapat potongan harga dari harga jual resminya.

–          Membeli di kota buku. Ada buku-buku tertentu yang diproduksi di kota tertentu pula. Misal: Surabaya kota buku panduan praktis agama islam, buku  masakan, dan buku dongeng (agen majalah kawasan Tugu Pahlawan). Surakarta/Solo kota buku pelajaran. Jogja kota buku sastra, seni, dan humaniora. Jakarta kota buku gaya hidup. Membeli di kota buku selain harganya murah juga lebih lengkap variasinya.

–          Membeli koleksi– Jika menemukan seseorang yang memiliki koleksi buku cobalah untuk membelinya. Barangkali ia tak terlalu memerlukan bukunya dan tidak bermaksud mengoleksi.

  • Membeli dengan jumlah eksemplar lebih banyak akan menghemat karena harganya lebih murah
  • Membeli buku dalam jumlah besar sekali belanja akan menghemat waktu dan tenaga. Agendakan beberapa bulan sekali untuk belanja besar.
  • Pastikan Anda tidak kesulitan ketika membawa buku saat belanja. Siapkan transportasi dan tenaga angkut dari rumah bila Anda tak ingin membayar kuli angkut.
  • Carilah toko yang bisa dijadikan langganan sehingga Anda bisa mendapatkan beberapa kemudahan dan bonus potongan harga atau lainnya.
  • Belilah buku dalam satu tema untuk memudahkan Anda memilih.
  • Patuhilah dahulu daftar belanja Anda, jangan tergoda membeli buku diluar daftar belanja meskipun menurut Anda menarik.
  • Setelah daftar belanja terpenuhi, ada dana lebih, maka Anda bebas menentukan pilihan buku yang akan dibeli selanjutnya. 

1 Comment

Mutiara Pembelajar - 30. Mar, 2011 -

terimakasih infonya…

salam cerdas!

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan