-->

Perpustakaan Toggle

Pondok Maos Guyub

Oleh Muhamad Sulhanudin

Maos-Guyub_Taman-BacaTaman baca yang beralamat di Jalan Raya Bebengan No.221, Boja, Kendal, Jawa Tengah ini dirintis Sigit Susanto, warga asli Kendal yang saat ini tinggal di Swiss bersama istrinya. Sehari-hari yang bertindak sebagai pengelola adalah Hartono. Yang unik, meski taman baca ini ada di daerah pedesaan, buku-buku sastra dunia dari pelbagai bahasa ada di sana. Bahkan untuk koleksi buku sastra, Guyub lebih komplit dari koleksi di perpustakaan Fakultas Sastra Universitas Diponegoro.  Ada Satanic Verses karya Salman Rushdie, karya-karya Franz Kafka dalam bahasa Jerman, Dostoyevsky, Gunter Grass, Garcia Marquez, Orhan Pamuk, dan sebagainya.

Selain seri buku sastra, tentunya juga ada jenis buku lain. Tanaman hias, Peternakan, Primbon, dan buku untuk bacaan anak-anak juga tersedia.

Dari mana saja koleksi buku di Guyub? Ada koleksi pribadi, ada dari donatur. Suatu kali, kata pengelolanya, Hartono, ada bapak-bapak sepuh bertandang ke Guyub. Awalnya dikira mau minta sumbangan. Ternyata eh ternyata, bapak yang jauh-jauh datang dari Semarang itu berniat menyumbangkan bukunya.

Guyub tak sekadar sebagai tempat baca, tapi juga beberapa kali mengadakan kegiatan apresiasi seni sastra. Seperti pada gelaran Literasi 4 Kota bulan April 2009. Ada diskusi buku, Pementasan, Dokumentasi karya anak-anak setempat, dan diselingi karoke dangdut sampai larut malam. Kegiatan itu dilakukan untuk merangsang minat baca masyarakat sekitar.

Di Guyub aktivitas membaca sebisa mungkin dibuat santai. Bisa sambil tiduran, bawa cemilan, dan bahkan kalau masih kurang pengelolanya membolehkan pembaca untuk nginap sekalian.

Tak seperti di perpustakaan umum, peminjam mengisi buku yang dipinjam sendiri. Tak ada kartu anggota. Masa waktu peminjaman fleksibel. Jaminannya moral. Kalau tidak kembali? Ya biar urusan dia sama Yang di Atas, ungkap Hartono. Makanya, Hartono menamakan taman bacanya ini dengan Perpustakaan Jujur. (Selengkapnya silakan dilihat di blog: http://pondokmaos.multiply.com)

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan