-->

Kronik Toggle

Perpustakaan Unej Standar Internasional, Tapi…

Jember – Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Universitas Jember mendapat pujian sebagai perpustakaan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang menerapkan ISO 9001 tahun 2008. Namun, di sisi lain, minat baca mahasiswa masih belum menggembirakan.

Pujian itu merupakan warna lain bagi prayaan dies natalis Universitas Jember ke-45. Sebelumnya, perayaan dies natalis tercoreng karena persoalan bakti sosial yang amburadul.

“ISO 9001-2008 adalah manajemen mutu berstandar internasional. Kriterianya semua, termasuk pengelolaan buku dan pelayanan pelanggan,” kata Rektor Unej Tarcisius Sutikto.

UPT Perpustakaan Unej saat ini berupaya mengembangkan e-library (electronic library) untuk menunjang pembelajaran berbasis teknologi informasi. pengembangan e-library dalam bentuk basis data produk universitas, seperti disertasi, tesis, skripsi, jurnal, dan sebagainya. “UPT Perpustakaan juga telah melanggan puluhan ribu jurnal elektronik dari berbagai bidang ilmu, yang dapat diakses dengan menggunakan password khusus oleh sivitas akademika Unej,” kata Sutikto.

Sutikto mengingatkan, manajemen pelayanan terhadap masyarakat memang harus berstandar internasiona. Itu jika Unej ingin mendunia alias go internatinal. “Ini hadiah bagi kami,” katanya.

Namun, Sutikto mengakui, standar pelayanan perpustakaan yang bagus itu belum diikuti minat baca mahasiswa. “Tidak hanya Unej sebenarnya. Mahasiswa di Indonesia umumnya kurang membanggakan dalam hal minat baca. Kalau kita lihat di luar negeri, di kendaraan umum pun mahasiswa baca buku. Kalau di sini, habis kuliah keluyuran,” katanya. [wir]

*) Dikronik dari Beritajatim.com 13 November 2009

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan