-->

Kronik Toggle

Pengadaan Mobil Perpustakaan Keliling Diduga Sarat Korupsi

Jember – Proyek pengadaan bus perpustakaan keliling di Jember diduga kuat sarat korupsi. Tim Kejaksaan Negeri Jember saat ini tengah melakukan penyidikan kasus itu. “Kami mendapat limpahan dari tim Kejaksaan Agung,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Jember, Irdam, Selasa (24/11).

Menurutnya, sejauh ini jaksa telah memeriksa lebih dari dua orang yang diduga kuat terlibat dalam proyek tersebut. Namun Irdam menolak menyebutkan nama, inisial atau status profesi orang orang itu. Alasannya, kejaksaan masih akan menetapkannya sebagai calon tersangka dalam waktu dekat. “Yang jelas selain pejabat ada juga rekanan yang terlibat dalam kasus itu.”

Nilai total kerugian negara dalam proyek pengadaan tiga unit bus perpustakaan keliling itu sebesar Rp 800 juta.

Menurut Irdam, proyek tahun 2007 itu dilakukan oleh Panitia Pengadaan Barang dan Jasa Dinas Pendidikan Nasional Jember. “Proyek itu dilakukan bersama Dinas Perhubungan Jember,” ujarnya.

Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Jember, Sutrisno mengaku tidak tahu menahu proyek tersebut. “Kami hanya menerima tiga bus itu dari Diknas dan mengoperasikan,” katanya.

Kata dia, Kantor Perpustakaan hanya melaksanakan teknis operasional bus.

MAHBUB DJUNAIDY

*) Tempointeraktif, 24 November 2009

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan