-->

Kronik Toggle

Pemerintah Saudi Bagikan Jutaan Buku

MADINAH–Kementerian Urusan Islam, Wakaf, Dakwah dan Penerangan Kerajaan  Saudi Arabia membagikan jutaan buku untuk jemaah haji multi-bangsa dari berbagai penjuru dunia di Arab Saudi. Selain buku, juga dibagikan kaset, compact disc (CD), leaflet, dan sebagainya yang berisi materi tentang informasi ke-Islam-an.

Selain Kementerian Dakwah, Badan Penerangan Haji Arab Saudi juga membagikan buku tentang ke-Islam-an. Buku-buku ini disusun oleh Lembaga Riset Ilmiah dan Fatwa Syeikh Muhammad bin Saleh Al-Utsaimin, dan dicetak Direktorat Percetakan dan Penerbitan lembaga terkait.

“Alhamdulillah, saya termasuk mendapat tugas membagikan buku-buku itu kepada para jemaah haji. Ada jutaan buku yang dibagikan secara cuma-cuma,” ujar Muhammad Mansyur, mahasiswa Indonesia yang kuliah di King Fahd University, Arab Saudi, Jumat (6/11).

Mahasiswa asal Makassar, Sulawesi Selatan ini mengatakan, dirinya mendapat kontrak selama musim haji. “Saya diminta bekerja sampai puncak prosesi haji selesai pada akhir November mendatang,” ujarnya.

Pria yang beristri puteri Jember, Jawa Timur ini, mendapat tugas membagikan buku-buku tersebut dari pukul 07.00 sampai 17.00 waktu Arab Saudi (WAS). “Pemerintah Arab Saudi banyak merekrut teman-teman kita sesama mahasiswa Indonesia,” ujarnya.

Menurut pantauan tim Media Center Haji (MCH) Arab Saudi, tempat pembagian buku dan fasilitas penerangan Islam tersebut berada di beberapa titik di Madinah Al-Munawarah. Seperti di Masjid Bir Ali, Mesjid Nabawi, Mesjid, Bilal, Mesjid Quba, dan sebagainya.

Buku dan alat peraga tersebut dikemas dalam berbagai bahasa dunia seperti Arab, Inggris, Urdu, Afrika, Rusia, India, Afganistan, Jepang, China, Malaysia, Thailand, Turki, dan lain-lain. Untuk yang berbahasa Indonesia, antara lain berjudul “Menjaga Tauhid” dan “Petunjuk Jamaah Haji dan Umrah Serta Penziarah Masjid Rasul SAW” mch/tar

Diunduh dari Jurnalhaji Republika, 6 November 2009

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan