-->

Kronik Toggle

Era Berita Gratis di Internet segera Berakhir

LONDON – Perusahaan peranti lunak Microsoft menyatakan bersedia membayar salah satu perusahaan media terbesar di dunia, News Corporation, untuk mendapatkan akses eksklusif berita-berita perusahaan tersebut.

Beberapa laporan dari London dan New York menyebutkan imbalan dari kesediaan Microsoft membayar perusahaan media milik Rupert Murdoch itu adalah muatan berita News Corporation diambil dari mesin pencari Google. Sudah begitu, muatan berita ini nantinya hanya bisa diakses melalui mesin pencari baru, Bing, milik Microsoft.

Bila kecenderungan ini berlanjut, mesin-mesin pencari akan bersaing satu sama lain untuk mengeluarkan biaya guna mendapatkan akses berita. Langkah ini, sebagaimana ditulis BBC kemarin, bisa mengakhiri era berita gratis di internet.

Selama ini, para pengguna internet bisa dengan mudah mendapatkan berita-berita secara gratis karena perusahaan media memang menggratiskan akses tersebut. Dalam beberapa waktu terakhir, ada upaya dari perusahaan media untuk memungut biaya dari berita yang ditaruh di internet. Langkah ini ditempuh setelah tiras koran di seluruh dunia mengalami penurunan.

Di sisi lain, mesin pencari, seperti Google, menyediakan berita-berita milik berbagai perusahaan media itu secara gratis.

Dikronik dari Portal Online Kompas Edisi 24 November 2009 dengan judul “Mau Berita, Bayar!”

1 Comment

Suheryana Bae - 25. Mar, 2010 -

Boleh jadi kecenderungan ke depan, peminat berita koran menurun, pencari berita di Internet meningkat. Koran-koran dan majalah yang terlambat mengantisipasi perubahan akan mati dengan sendirinya.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan