-->

Literasi dari Sewon Toggle

20 Tahun Penerbitan Indonesia

Galih alias Subhan, kawan dari perpustakaan IRE Jogja yg juga pernah bergiat di Yayasan Pondok Rakyat (tetangga Gelaran Ibuku di kompleks Kraton Jogja), menitipkan satu kopi buku “20 Tahun Penerbitan Indonesia 1945-1965: Pameran Buku Nasional”. Di sampulnya tertera logo Mabulir (perpus Mbah Dauzan alm) dengan secarik stiker: “Amanat Ummat: Gilirkan bacaan ini kepada saudara seiman yang lain menjadi ibadah dan amal saleh”.

Buku ini masih memakai pakem lama. Daftar isi berada di belakang. Gaya ini pernah dikritik D.N. Aidit karena masih mengikuti gaya kolonial. Membaca sekilas ada empat artikel tentang perkembangan dunia perbukuan antara 1945-1965. Selebihnya sambutan-sambutan para menteri (4) dan pidato-pidato pembukaan dan penutupan (12). Ada juga laporan dari Ketua Pelaksana Pameran c.q IKAPI dan O.P.S Penerbitan.

Kesimpulannya: ini buku katalog buku. Karena rentang usia yang panjang, maka buku ini penting lantaran memberikan gambaran dunia perbukuan di masa Revolusi. Apalagi ada diberi daftar penerbit di masa itu yang bisa membantu melihat geliat penerbit-penerbit semasa.

Redaksi Indonesia Buku akan membagi isi buku ini dengan cara mengetiknya ulang. Nantikan unggahan berikutnya. (Muhidin M Dahlan)

NOTE: Terimakasih Galih alias Subhan. Hiks. Semoga titipanmu ini seperti stiker Mbah Dauzan di sampul buku ini: “menjadi ibadah dan amal saleh”.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan