-->

Kronik Toggle

ST12 Luncurkan Biografi

Official Book of ST 12, itulah judul buku yang diluncurkan ST12,di toko buku Gramedia Matraman, Jakarta, Senin(5/10). Buku yang berisi tentang perjalanan ST12 dalam meniti kariernya di dunia musik ini, lengkap disertai dengan biografi para personel ST12.

Vokalis ST12 Charly mengaku sangat bersyukur dengan adanya buku ini. “Alhamdulillah buku ini keluar juga. Aku sangat bersyukur dengan adanya buku ini karena dengan adanya buku ini aku, Pepep serta Pepeng merasa masih belum ada apa-apanya,” imbuh pria bernama lengkap Muhammad Charly van Houten tersebut dengan tersenyum.

ST12 adalah Charly pada vokal, Ilham Febry alias Pepep pada drum, dan Dedy Sudrajat alias Pepeng pada gitar.

Charly menjelaskan bahwa buku ini bukanlah titik puncak atas kesuksesan yang diperoleh ST12 dalam meniti kariernya. “Buku ini bukan titik puncak ataupun tolak ukur. Sebaliknya buku adalah gambran di mana kita (ST12) harus dapat menciptakan karya yang lebih baik dari sebelumnya,” bebernya. Buku setebal 57 halaman tersebut ditulis penulis di situs www.musikcadas.com, Lutfie Taufik.

Charly juga mengungkapkan bahwa bandnya tidak mempunyai alasan khusus dengan terbitnya buku ini. “Kita nggak punya alasan khusus dengan adanya buku ini. Tadinya kita pikir buku ini nggak akan pernah ada karena jadwal kita padat banget. Tapi karena mas Lutfie Taufik bersikeras ingin menulis buku ini ya kita oke saja,”ungkap pria kelahiran Cirebon 5 November 1981 ini.

Menurut Pepep, dirinya mengaku baru melihat buku tersebut. “Walaupun aku baru melihat buku ini, tapi menurutku buku ini cukup mendidik dan bagus. Tadi aku pikir nggak akan sebagus ini hasilnya karena sesi wawancara yang dilakukan mas Lutfie sendiri tergolong singkat. Kita konser, mas Lutfie datang. Kita syuting video klip, dia datang juga,” beber Pepep. Buku yang dibuat dari tiga bulan yang lalu ini merukapan karya terbaru dari ST12.

Menurut Charly, buku yang diluncurkan kali ini adalah buku pertama yang dapat dinikmati oleh para seluruh lapisan masyarakat Indonesia. “Buku ini diperuntukkan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang ingin mengetahui tentang perjalanan ST12,serta dengan adanya buku ini hubungan antara ST12 dengan para fans (ST Setia) akan menjadi semakin dekat dikerenakan semua isi yang berada dalam buku ini merupakan 100 persen data berasal dari kita,” ungkap dia.

Ketika ditanya apakah ST12 berniat membuat buku yang ditulis sendiri oleh mereka, dengan tertawa Charly mengungkapkan, “Kita nggak akan menulis buku sendiri karena menurut kita yang bisa menilai kita bagaimana itu bukan diri kita sendiri tetapi orang lain. Jadi biarlah orang lain yang dapat mengetahui kita seperti apa,” ungkap dia.

Buku “Official Book Of ST12” terbitan Kawan Pustaka bisa di dapat di semua toko buku di seluruh Indonesia dengan harga Rp 25 ribu mulai hari ini.

PRIH PRAWESTI FEBRIANI

Diunduh dari media online Tempo interaktif edisi 5 Oktober 2009

1 Comment

fadila - 12. Nov, 2009 -

aq setuju banget ST 12 ngeluarin buku dengan begitu para ST setia akan lebih mengenal para personil ST12

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan