-->

Lainnya Toggle

Promosi Sihir, J.K. Rowling Gagal Terima Penghargaan Presiden

J.K. Rowling seharusnya menjadi salah seorang penerima penghargaan kepresidenan AS di masa pemerintahan George W. Bush (2001-2009). Sayang, karena prasangka penyebaran ilmu gaib atau sihir, Rowling akhirnya terdepak. Pengungkapan fakta itu terdapat dalam buku terbaru Matt Latimer, Speechless: Tales Of A White House Survivor. Latimer adalah mantan penulis pidato George W. Bush.

Dia menyatakan bahwa J.K. Rowling kehilangan penghargaan tertinggi untuk warga sipil tersebut karena anggota pemerintahan Bush menolak pemberian penghargaan itu. Mereka merasa Rowling telah mempromosikan sihir.

”Karena hal inilah, nama Rowling tidak dimasukkan ke daftar penerima Medali Pembebasan Presiden,” ujar Latimer dalam bukunya tersebut seperti dikutip dari Daily Mail. Medali penghargaan itu diberikan kepada orang-orang yang dirasa memberikan kontribusi pada kepentingan nasional AS, perdamaian dunia, atau penjaga kebudayaan.

Sebenarnya, kritik terhadap buku yang melambungkan nama Rowling tersebut tidak hanya datang dari pemerintahan Bush. Pada 2007, komentator Fox News Bill O’Reilly menyerang Rowling karena mengumumkan bahwa karakter Dumbledore dalam Harry Potter adalah gay. Dia memanggil Rowling provokator dan menambahkan bahwa keluarnya karakter Dumbledore dalam buku tersebut adalah bagian dari indoktrinasi liberal pada anak-anak.

* Dinukil dari Harian Jawa Pos Edisi 1 Oktober 2009

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan