-->

Kronik Toggle

Oprah Winfrey Rekomendasikan Buku Karya Uwem Akpan

Oprah Winfrey mengambil sebuah buku kumpulan cerita pendek, yang akan menjadi koleksinya. Penerbit mengumumkan, Jumat (18/9), bahwa Oprah memilih buku terbaru karya penulis debutan Uwem Akpan, berjudul “Say You’re One of Them.”

Oprah yang menjadi panutan sebagian penggemar buku ini, praktis menjamin ratusan ribu angka penjualan. Angka penjualan itu umumnya dicapai oleh cerita pendek karya Ernest Hemingway, John Cheever, dan penulis karya sastra seni lainnya.

Di Amazon.com dan Barnes & Noble.com, Jumat malam, buku itu sudah mencapai posisi lima teratas yang dibeli.

Dalam seleksi 63 buku di acara “The Oprah Winfrey Show,” ratu bincang-bincang televisi ini mengaku belum pernah membaca cerita pendek semacam ini. “Cerita pendek biasanya meninggalkan anda menginginkan sesuatu dan anda suka, ‘Hah, apa yang terjadi?’ Buku Akpan adalah pengecualian.”

Oprah mengaku, dari lima cerita pendek dalam buku yang dia baca benar-benar membuatnya tersengal-sengal. “Buku ini luar biasa.”

Akpan, 38, adalah penduduk asli Nigeria dan seorang imam Yesuit yang ditahbiskan pada tahun 2006 menerima gelar master dalam penulisan kreatif dari Universitas Michigan. Karyanya berlatar belakang Nigeria, Rwanda dan negara-negara Afrika lainnya dan sering berpusat pada anak-anak dalam kesulitan. Pada tahun 2005, The New Yorker menampilkan dirinya dalam penulis debutan untuk cerita fiksi.

Anehnya dalam acara Oprah, Akpan tidak diwawancarai selama acara itu berlangsung, meskipun Akpan berada di bangku penonton, dan ia hanya berdiri dan melambaikan tangan. Namun para penonton bertepuk tangan dengan antusias dan bersorak, ketika Oprah mengatakan semua penonton akan pulang dengan membawa buku itu.

Sampai sekarang, Akpan telah mengalami nasib yang umum dialami penulis cerita pendek: sangat disukai oleh para pengulas dan sedikit diketahui oleh pembaca umum. Penjualan buku dengan hardcover danpaperback ini, pertama kali diterbitkan pada tahun 2008 oleh Little, Brown and Company, dan telah terjual 32.000 sebelum Jumat.

* Dinukil dari Tempointeraktif.com, edisi 19 September 2009

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan