-->

Kronik Toggle

Manga Hitler Laris di Jepang

Diktator Nazi Adolf Hitler memang bukan tokoh yang disukai banyak orang. Namun, kisah hidupnya tetap menarik untuk diikuti.

Di Jepang, Mein Kampf, buku karya Hitler, diterjemahkan ke dalam bentuk manga (komik). Sejak diluncurkan pada November 2008, komik ini terjual lebih dari 45.000 kopi.

Mein Kampf yang berarti “perjuanganku” merupakan otobiografi sekaligus catatan yang memuat pandangan politik Hitler. Di dalamnya, Hitler menceritakan kehidupannya sejak kecil hingga dia membentuk partai politik.

Kesuksesan komik ini di Jepang menimbulkan perdebatan keras di Jerman, negeri asal Hitler. Perdebatannya tentang perlunya pencabutan pelarangan terbit terhadap buku itu.

Di Jerman, hak cipta buku ini berada di tangan Departemen Keuangan Negara Bagian Bavaria. Demi menghormati keluarga yang menjadi korban kekejaman rezim Hitler, pemegang hak cipta menolak menerbitkannya.

Namun, penerbit Jepang, East Press, tampaknya tidak memedulikan hal itu. Sebelum menjadikan Mein Kampfsebagai manga, penerbit ini juga meluncurkan Das Kapitalkarya Karl Marx dalam bentuk komik. (TEL/KIS)

Diunduh dari media online Kompas edisi 2 Oktober 2009

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan