-->

Lainnya Toggle

Mandela Akan Terbitkan Biografi Baru

Jakarta – Mantan presiden Afrika Selatan peraih Nobel Perdamaian baru-baru ini menjual catatan pribadinya melalui The Nelson Mandela Foundation yang akan dikompilasi oleh BBC dengan judul Conversation with Myself.

Catatan itu terdiri dari buku harian, surat-surat, maupun kutipan dari pidato-pidatonya sejak tahun 1929 saat ia masih berusia 11 tahun.

Wakil dari Yayasan Nelson Mandela, Verne Harris mengatakan catatan yang dijual kali ini memiliki lebih banyak materi personal dibanding otobiografi sebelumnya, karena tidak hanya berisi pandangan Mandela terhadap lingkungannya baik itu situasi atau manusia, tetapi juga terhadap dirinya sendiri.

Salah satu contoh catatan soal dirinya misalnya yang dibuat saat dengar pendapat bersama parlemen Afrika Selatan ketika ia mengusulkan penurunan batas usia minimum peserta pemilihan umum menjadi 14 tahun. Mandela diserang karena usul itu dan saat ia mendengar kecaman yang bertubi-tubi oleh anggota parlemen ia dalam catatannya ‘Saya telah membuat kesalahan penilaian yang buruk.’

Sejauh ini Mandela sudah menerbitkan satu otobiografi berjudul Long Walk to Freedom dan memberi izin penulisan satu biografi dirinya berjudul Mandela: The Authorised Biography.

CBCNEWS | BBC | RONALD

*) Dikronik dari Tempointeraktif, 15 Oktober 2009

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan