-->

Kronik Toggle

Langkanya Buku Video Art, Video Publik, dan lain-lain

IBOEKOE JOGJA–“Buku Mas Krisna ini (klik di sini) adalah buku terbaik untuk di bidangnya. Apalagi buku seperti ini langka,” puji Dosen Magister Ilmu Religi dan Budaya Universitas Sanata Dharma St Sunardi saat bedah buku Krisna Murti di halaman samping IVAA di Patehan Tengah, Kraton, Yogyakarta.

Walaupun Ade Tanesia  dari Combine Resource Institute memberikan catatan bahwa buku ini butuh editor, bukan sekadar penyunting lantaran beberapa ulasan berulang-ulang, toh buku seperti memang tak banyak. Kalau pun ada syukur syukur syukur.

Menurut catatan Indonesia Buku yang sekaligus melakukan survei atas produksi buku-buku seni di Yogyakarta, buku dan penulis tentang video art dan korelasinya dengan dunia seni rupa amat sedikit jumlahnya.

Selain buku ini, pernah ada muncul buku ihwal video, yang ola la, juga ditulis oleh penulis yang sama. Tahun terbitnya 1999 oleh Kanisius (188 hlm).

Buku Video Publik itu berisi refleksi pemberdayaan publik melalui video sebagai media seni. Ia memuat deskripsi dari 8 karya yang dianggap mewakili perkembangan kreatif seni rupa video Krisna Murti berikut foto-foto yang berkaitan. Ditambah sejumlah foto karya lain sebagai pendukung. Video Publik sekaligus menjadi petunjuk konkrit tentang teori, visi, fungsi serta perspektif seorang Krisna Murti mengenai seni rupa video beserta seluk beluk yang melingkupinya.

Sub bab yang terdiri ”Sekitar Media”, ”Tv, Video Klip, Film dan Senirupa Video”, ”Penonton dan Publik”, ”Menelusuri Jejak”, dan ”Menyibak Tirai” adalah upaya untuk mensistematisasikan serangkaian aspek. Meski seringkali satu aspek dengan aspek lain mustahil berdiri sendiri. Maka di buku ini, muncullah ilustrasi-ilustrasi yang sama tapi sebenarnya menekankan persoalan yang berbeda. (GM)

1 Comment

ArtFolder - 19. Okt, 2009 -

wah, ternyata Pak Krisna Murti masih setia dengan video art

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan