-->

Kronik Toggle

Buku Remaja Paling Laris di Palembang

Buku untuk kalangan remaja merupakan salah satu kategori yang paling laris dan banyak dicari di Kota Palembang. Tema yang sedang digemari, antara lain, psikologi yang menekankan pada aspek berbagi pengalaman atau curhat, fiksi percintaan, dan kartun ilustrasi.

Hal ini terlihat dari hasil pemantauan Kompas terhadap sejumlah ajang bazar buku yang digelar di Kota Palembang, Kamis (1/10) dan Jumat (9/10). Antusiasme masyarakat, terutama siswa-siswi sekolah menengah atas, terhadap bazar buku cukup tinggi, terbukti dari jumlah peserta yang membeludak.

Referensi

Menurut Herlina (17), siswi SMA Arinda, Kota Palembang, dia tak pernah absen mengunjungi ajang bazar buku di Palembang. Setiap berkunjung ke sebuah bazar atau pameran, dia selalu berburu buku psikologi remaja. ”Jiwa remaja itu, kan masih labil. Makanya saya perlu referensi soal pengalaman menghadapi masa remaja,” katanya.

Namun, Herlina menyayangkan minimnya penerbit yang menggarap tema itu. Kalaupun ada, hanya penerbit besar dari Jakarta yang pemasarannya ke Palembang masih terbatas.

Saladdin (18), siswa SMA Xaverius II, yang ditemui di bazar buku STT Musi, mengatakan, dia gemar membeli buku komik kartun dan buku ilustrasi.

* Dinukil dari Harian Kompas Edisi 10 Oktober 2009

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan