-->

Kronik Toggle

Ayo Daftar Safari Diklat Jurnalistik

SURABAYA – Program pengembangan sumber daya manusia akan kembali hadir di kalangan pendidikan. Kali ini panitia mengadakan Safari Diklat Jurnalistik. Sesuai dengan namanya, panitia akan bersafari atau berkunjung ke sekolah-sekolah untuk berbagi ilmu jurnalistik.

Serangkaian acara menarik lain pun bakal diadakan. ”Sekolah-sekolah yang tertarik bisa langsung mendaftar,” ujar Ketua Program Safari Diklat Jurnalistik Jawa Pos Guntur Prayitno.

Pendaftar tidak harus datang langsung. Sekolah tinggal menghubungi Mbak Dheny di nomor telepon 031-8202013 atau 031-8202103 mulai pukul 09.00-15.00. Pendaftaran dimulai hari ini hingga Jumat (23/10). Bukan untuk Surabaya saja, sekolah di Sidoarjo dan Gresik pun boleh ikut mendaftar.

Guntur menjelaskan, dalam program ini, para siswa sekolah akan diajak mengapresiasi tulisan. Selain itu, diadakan pendidikan dan pelatihan (diklat). Ada diklat penulisan opini untuk guru dan diklat penulisan berita untuk siswa.

Bukan hanya itu. Sesuai dengan temanya, yaitu Bangga Berbahasa Indonesia, Diselenggarakan festival bahasa. Festival tersebut meliputi lomba membaca berita dan lomba unjuk kreasi kebahasaan dan kesastraan. ”Intinya, selain bertujuan memberikan materi jurnalistik, program ini ingin mengajak kalangan siswa untuk juga mencitai bahasa Indonesia,” jelas Guntur.

Dalam menyelenggarakan Program Safari Diklat Jurnalistik itu, Jawa Pos didukung oleh Balai Bahasa Surabaya dan Himpunan Pembina Bahasa Indonesia (HPBI) Jatim. Termasuk dinas pendidikan (Dispendik). Antara lain, Dispendik Surabaya dan Gresik. Pendukung lain program ini adalah sejumlah perusahaan yang peduli terhadap pendidikan.

”Panitia berencana memulai kunjungan ke sekolah pada 28 Oktober mendatang bersamaan dengan puncak bulan bahasa,” terang Guntur. (sha/dos)

*) Dikronik dari Jawa Pos 21 Oktober 2009

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan