-->

Kronik Toggle

Umat Punk Itu Banyak Macamnya

Menyebut punk ingatan orang langsung menumbuk pada sekelompok anak muda dengan dandanan baju yang dipenuhi asesoris tempelen berbahan logam (berbentuk bulat, segitiga, atau yang menyerupai duri), rambut bergaya Mohawk ala suku Indian.

Hanya itu? Mungkin saja. Tapi menurut buku Punk! Fesyem-Subkultur-Identitas yang diterbitkan Halilintar Books dan ditulis John Martono dan Arsita Pinandita ini, ada banyak jenis kaum yang menamai dirinya punk itu.

Berikut ini jenis-jenisnya:

Anarcho Punk
Komunitas punk yang satu ini termasuk dalam kategori “garis keras”. Mereka yang tergabung dalam Anarcho Punk umumnya sangat mengidealisasikan ideologi yang dianut. Di antaranya Anti-authoritarianism dan Anti-capitalism.

Crust Punk
Umat dari komunitas ini lazim disebut Crusties. Crust Punk cenderung lebih “lunak” dibanding yang Anarcho Punk. Kerap menyuarakan perlawanannya melalui musik yang mereka mainkan dengan warna musik gabungan antara Anarcho Punk dan Heavy Metal.

Glam Punk
Anggota dari komunitas ini merupakan para seniman. Gejolak pemberontakan dan kegelisahan mereka dituangkan lewat berbagai macam karya seni. Glam Punk sangat menghindari perselisihan dengan sesama komunitas punk maupun dengan yang lain.

Hardcore Punk
Mulai berkembang di Amerika Serikat bagian utara. Ciri yang mereka bawa ialah musik punk rock dengan bit-bit yang cepet.

Nazi Punk
Bersikap rasialis dan anti imigran. Mereka kerap nyebut dirinya Rock Against Communism dan Hate Core untuk musik mereka sendiri.

The Oi
Kerap disebut Street Punk. Anggotanya kebanyakan para hooligans. Suporter sepakbola yang galaknya amit-amit. Tapi Oi juga punya komitmen: kerja keras itu wajib.

Queer Core
Anggotanya dari kaum homoseksual, biseksual, dan transeksual. Bersifat tertutup. Yang nggak sepaham dengan ideologi seks, nggak boleh masuk. Gubrakks.

Riot Grrrl
Anggotanya adalah para perempuan yang bercerai dari Hard Core Punk.

Scum Punk
Umat punk yang satu ini mengutamakan kesehatan dan kebaikan moral. Sebagian besar umat komunitas ini nggak mengonsumsi zat-zat yang merusak tubuh.

Ska Punk
Perpaduan antara Punk dengan musik Reggae. Ska Punk ini punya tarian sendiri yang dikenal dengan tarian Pogo atau Skanking yang disesuaikan dengan bit-bit musik mereka.

Skate Punk
Penyuka olahraga ekstrim seperti skateboarding surfing.

2 Comments

wawan tukang ngimpi - 28. Okt, 2009 -

yang baru ada taqwacore, sudah pernah dengar belum? hmmmm….

zaki - 21. Okt, 2010 -

PUNK MUSLIM – juga bro

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan