-->

Kronik Toggle

Proyek Perpustakaan Maya Google Dijegal

Rencana situs pencari Google untuk membagnun sebuah perpustakaan maya mendapat perlawanan dari tiga pesaingnya dalam bisnis informasi digital.

Microsoft dan Yahoo telah menandatangi sebuah kesepakatan bisnis atau proyek bernama Open Book Alliance untuk memprotes kesepakatan hukum yang memberi hak utama bagi Google untuk mereproduksi buku ke dalam format digital dan membangun perpustakaan digital raksasa. Sedangkan Amazon masih menolak berkomentar karena aliansi itu menurut Amazon belum resmi dipublikasikan.

Salah satu inisiator untuk menentang rencana itu Internet Archive mengatakan Google mencoba memonopoli sistem perpustakaan. Sedangkan Departemen Kehakiman Amerika Serikat dilaporkan mulai mengadakan penyelidikan anti-monopoli atas kesepakatan itu.

Google mencapai kesepakatan dengan penerbit-penerbit buku pada tahun 2008 yang memberi hak tunggal pada Google untuk mereproduksi buku itu dengan porsi pembagian hasil penjualan 70 persen untuk penulis dan 30 persen untuk google.

Internet Archive juga telah melakukan hal serupa namun akses bagi semua buku yang direproduksi oleh Internet Archive gratis.

BBC | RONALD

*) Dikronik dari Tempointeraktif 21 Agustus 2009

1 Comment

aji - 05. Nov, 2010 -

saya mendukung rencana google membuat perpustakaan maya. biar penguna internet lebih mempermudah mencari ilmu dan perbandingan segala sesuatu . tolong masukan buku dari seluruh dunia dan jangan lupa program terjemahanya.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan