-->

Lainnya Toggle

Inilah Daftar 100 Pemberontakan di Nusantara

1. Pemberontakan Arok

2. Pemberontakan Kuti

3. Pemberontakan Arya Penangsang

4. Pemberontakan Mangir

5. Gejolak Pragola

6. pemberontakan Arung Palaka

7. Pemberontakan Untung Suropati

8. Perlawanan Tionghoa

9. Pemberontakan Samber Nyawa (Raden Mas Said)

10. Pemberontakan Mangkubumi

11. Pemberontakan Matulessy di Maluku

12. Pemberontakan dari Bongaya

13. Pemberontakan We Maniratu

14. Pemberontakan Diponegoro

15. Pemberontakan Sultani Besse Kajuara

16. Perebutan Tanah Partikelir Tambun

17. Pemberontakan Petani Banten

18. Pembangkangan Samin Surantiko

19. Pemberontakan Macan-Macan Betawi

20. Pemberontakan La Pawawooy

21. Pemberontakan We Pancaiktana Bungawali’e

22. Orang Batak Menolak Pajak

23. Sumatra Barat Menentang Pajak

24. Dua Kali Memberontak di Sumbawa, Dua Kali Gagal

25. Lewotala Bergolak Menolak Pajak

26. Pemberontakan Petani Flores

27. Orang Tionghoa Mengamuk di Barat Bumi Dayak

28. Tiga Pemberontak di Larantuka

29. Pemberontakan I Tollo

30. Pemberontakan Orang Sumba

31. Pemberontakan Petani Tanjung Oost

32. Pemberontakan SI Jambi

33. Pemberontakan Parhoemdamdam

34. Pemberontakan Toli-toli

35. Pemberontakan Petani dan Haji

36. Pemogokan Petani Polanharjo Bergolak

37. Ledakan Bom Kiri di Semarang

38. Pemogokan Buruh Spoor

39. Pemberontakan Pangeran Arjuna di Tangerang

40. Pemberontakan PKI Banten 26

41. Pemberontakan PKI Timur Jawa 26

42. Pemberontakan PKI Pariangan 26

43. Pemberontakan PKI Betawi 26

44. Pemberontakan PKI Prambanan 26

45. Pemberontakan KNIL

46. Pemberontakan PKI Silungkang 26

47. Sulawesi Utara Menentang Pajak ~ 280

48. Pengibaran Merah-Putih di Minahasa

49. Penolakan Pajak di Bengkalis

50. Pemberontakan di Atas Kapal De Zeven Provincien

51. Pemberotakan Pajak Ternate

52. Kudeta NAZI di Nias

53. Peristiwa Pengibaran Merah-Putih di Gorontalo

54. Pemberontakan Mahasiswa dari Ruang Kuliah Patologi

55. Pemberontakan Kiai Zaenal  Mustafa di Sukamanah

56. Petualangan Dua Peleton Giyugun Aceh

57. Perlawanan Orang Papua atas Jepang

58. Pemberontakan PETA di Blitar

59. Pemberontakan PETA di Gumilir

60. Pemberontakan PETA di Cileunca

61. Patriotisme KNIL Minahasa

62. Peristiwa Tiga Daerah

63. Pemberontakan Batalyon Papua atas NICA

64. Petisi 3 Juli

65. Serdadu KNIL Kibarkan Merah-Putih

66. Pemberontakan Walter Monginsidi

67. Pemberontakan Sanga-sanga

68. Pemberontakan PKI 1948

69. Pemberontakan DI/ TII Jawa Barat (Kartosurwirjo)

70. Pemberontakan DI/ TII Jawa Tengah (Amir Fattah)

71. Pemberontakan Andi Azis

72. Pemberontakan DI/ TII dan Batalyon 426 di Jawa Tengah

73. Perlawanan KNIL Minahasa

74. Kudeta Westerling

75. DI/ TII Sulawesi Selatan (La Domeng)

76. Pemberontakan RMS

77. AOI: Pemberontakan di Somalangu

78. Pemberontakan DI/ TII Kalimantan Selatan (Ibnu Hajar)

79. PKI Merapi Merbabu Complek (Suradi Bledeg)

80. Peristiwa 17 Oktober 1952

81. Pemberontakan DI/ TII Aceh (Daud Beureueh)

82. Pembangkangan Wiweka Supono di Lapangan AURI

83. Geger Lubis di Tubuh TNI-RPKAD

84. Granat di Cikini

85. Seruan Otonomi Sulawesi (Permesta)

86. Pembangkangan Dewan Garuda di Sumatera (PRRI)

87. Pembangkangan Kavaleri Bandung dan Kelompok Manguni

88. Maukar Menembak Istana Presiden dari Langit Jakarta

89. Percobaan Pembunuhan Presiden di Tengah Shalat Ied

90. Organisasi Papua Merdeka

91. Tragedi Bandar Betsy

92. Kudeta G 30 S 1965

93. Demonstrasi Mahasiswa Gulingkan Soekarno

94. Konfrontasi Malaysia

95. PKI Blitar Selatan

96. Malapetaka 15 Januari 1974

97. GAM

98. PETISI 50

99. Reformasi 1998

100. Neo RMS di Hadapan SBY

* Dikutip dari buku Pemberontak tak (Selalu): Seratus Pembangkangan di Nusantara Salah karya Petrik Matanasi (IBOEKOE, 2009)

26 Comments

Allan - 14. Agu, 2009 -

sayang gak pake tahun nih
Trus pemberontakan Soeharto thd Soekarno gak tampak

Percobaan pemberontakan Prabowo thd Habibie juga gak ikut ….

dade - 20. Agu, 2009 -

saya melihat bahwa apa yang saudara kumpulkan tentang begitu banyaknya pemberontakan di tanah air kita tercinta sangat saya hargai…..
cuma ada satu (1) yang mungkin kita berbeda dalam cara pandang atau melihat hal tersebut.
saya adalah orang bugis dan saya tidak sependapat dengan anda atau kalian (tim perumus), bahwa anda memasukkan ARUNG PALAKKA dalam daftar Pemberontakan di tanah air.
tolong anda dan banyak lagi (sebagian besar) masyakat Indonesia untuk banyak lagi membaca literatur sejarah yang ada agar kita semua bisa melihat dengan jernih dan tau tentang kebenaran yang sejatinya.
Bagi kami Suku Bugis, ARUNG PALAKKA adalah PAHLAWAN KEMANUSIAAN dan PAHLAWAN NASIONAL…….!!!!!

iboekoe - 21. Agu, 2009 -

@ Dede: begini, pemberontakan itu bukan sesuatu yang hina. Saudara jgn berpikir seperti orang2 orba, dimana pemberontak disamakan dengan pengkhianat. Bagi saya pemberontakan sesuatu hal yang suci…
Pemberontakan bagi saya menjadi sebuah keharusan jika ada yang salah dari penguasa yang menindas…
Pemberontakan dalm kamus KBBI adalah meronta untuk melepaskan diri… itu saya tulis di pengantar saya…
Bagi saya pemberontak bukan sesuatu yang salah, Arung Palaka saya anggap berontak karena dia berusaha melepaskan Bone dari tekanan makassar.Ingat dia bukan pengkhianat bagi saya dia pahlawan (saya serius, itu alsan knp buku ini berjudul Pemberontak tidak selalu salah) mari kita ubah pandangan kita tentamg pemberontak…. (Petrik Matanasi)

toko buku online - 21. Agu, 2009 -

Pemberontakan PRRI/Permesta juga tidak ada. Padahal ini termasuk salah satu pemberontakan yang paling heboh.

iboekoe - 21. Agu, 2009 -

@Toko Buku Online: Ada itu, tapi nggak disebutkan PRRI/Permesta. Poin 85 dan 86.

catzzz - 03. Sep, 2009 -

banyak buanget………..

indonesia-indonesia - 04. Sep, 2009 -

KALO DIPONEGORO TERMASUK PEMBERONTAKAN, BERARTI ANDA MENGAKUI PEMERINTAHAN BELANDA …
KALAU PERJUANGAN KEMERDEKAAN DIANGGAP SEBUAH PEMBERONTAKAN LALU KENAPA ANDA MASIH BISA BERDIRI HARI INI, BERARTI ANDA TERMASUK HASIL DARI PEMBERONTAKAN …
ATAU JANGAN-JANGAN ANDA BUKAN ORANG INDONESIA?

Zorro - 15. Sep, 2009 -

@indonesia-indonesia: Kalo gak ngerti sejarah mbok ya bertanya dulu. Jangan sok dan pake huruf kapital semua sehingga berkesan marah-marah.

Belanda secara de Facto dan de Jure adalah penguasa pada saat itu. Kita mengakui dijajah selama 360 tahun oleh Belanda. Memang sebagai rakyat kita tidak mengakui pemerintahan Belanda. Makanya memberontak. Begitu juga perang Kemerdekaan. Sudah paham? Kalo gak paham juga, baca buku sejarah, banyak kok.

Pustakawan - 16. Sep, 2009 -

Pemberontakan adalah hak bagi mereka yang mencintai kemanusiaan dan kemerdekaan.

diana av - 16. Sep, 2009 -

Wahai Semua, Maka 100 Pemberontakan Nusantara itu diberi Judul :PEMBERONTAK TAK SELALU SALAH. Maka baca bukunya, baru komentar. Penghayatan info sekilas hanya akan menyesatkan persepsi

U2 - 16. Sep, 2009 -

Salam…. Mantabz …. !!!

Zpartan - 19. Sep, 2009 -

Indonesia adalah Jakarta, hanya Jakarta,cuma Jakarta. Itulah yg trjadi sejak adanya Negara yg bernama Indonesia ( Batavia ). Diberi nama Nusantara dalam cakupan beberapa pulau2 besar seperti Sumatera,Sulawesi dan Kalimantan hanya untuk menunjukkan pada dunia bahwa Nusantara itu luas berlandaskan kesombongan Gajah Mada. Setelah itu pulau2 lain selain pulau Jawa dikucilkan lagi. Penjajah datang dari zaman Portugis sampai zaman Jepang, kembali lagi pulau2 lain di luar Jawa dilirik untuk membantu mengusir penjajah. Merdeka….? Tai Kucing. Bahkan Indonesia dijajah lagi oleh bangsa sendiri dari Presiden pertam sampai Presiden saat ini. Sulawesi,Sumatera,Kalimantan,Irian hanya jadi sapi perah buat memenuhi kebutuhan susu para pejabat pemerintah pusat demi menjaga perut2 mereka tetap buncit. Kayu Kalimantan,Sulawesi,Sumatera,Irian habis,,, tapi malah Jakarta yg makmur. Pertanyaannya adalah :
1. Salahkah kalo Sulawesi memberontak dengan berlandaskan alasan kenyataan di atas?

2. Apakah Jakarta bisa seperti sekarang kalau saja tanpa adanya pulau2 kaya hasil alam seperti Kalimantan,Sumatera,Irian dan Sulawesi?

3. Sampai kapan akan terus seperti ini.?

4. Siapa yg berani menjamin bahwa lebih dari 50% rakyat Indonesia optimis akan adanya perubahan, tanpa harus ada kampanye2 yg berdahan janji dan berbuah dusta?

Saya orang Sulawesi, seandainya suatu hari nanti ada lagi Kahar Muzakkar ke2 yg memberontak menuntut agar Sulawesi lepas dari Indonesia, maka dengan penuh keyakinan saya akan mendukung dan rela mati jika mengharuskan adanya perang.
Hidup adalah pilihan, Pilihan menentukan jalan Hidup.

qorib - 19. Sep, 2009 -

pemberontakan TRUNOJOYO kok terkesan tak pernah ada yang mau mengungkap dengan baik dan benar ya? padahal pemberontak yang satu ini cukup berhasil mengusir penguasa mataram yang bekerja sama dengan kompeni lho…apa kurang penting untuk di ungkap atau pakewuh?

Wong Solo - 25. Sep, 2009 -

pemberontakan muncul karena ketidakadilan. Jadi, siapapun penguasa yang bisa adil, meski dari ras apapun, ia wajib kita dukung. Sebaliknya, siapapun penguasa, meski dia dari ras kita, jika ia tak adil, maka silahkan berontak!

dewi - 22. Okt, 2009 -

kok pemberontakan di/tii
g’ lengkap

IBOEKOE - 24. Okt, 2009 -

Maksudnya nggak lengkap. tuh ada Jateng, Jabar, Kalimantan, Aceh… Sulawesi

Shiro - 05. Jan, 2010 -

tidak selalu kita memaknai pemberontakan itu negatif, saya lebih sepakat dengan pegolakan. tambah dong dengan beberapa nilai yang melandasi terjadinya pergolakan tersebut, referensi, dan makna apa yangdapat kita ambil.

History - 03. Mar, 2010 -

Wah thx tas smua infonya y….

hendri saputra - 08. Mar, 2010 -

kalo pemberontak menegakkan islam. gimana yach. takut tuhan apa negara.

Purbamuni - 22. Jul, 2010 -

Dlm sejarah kita mengaku pemberontakan PETA di Blitar oleh Supriyadi, dan KH Zainal Mustafa di Singaparna.
Sejarah kita pun mengakui bhwa Jepang prnh berkuasa di negri ini.
Saya setuju dg prnyataan bhwa pemberontakan itu adlh suci.
Pemberontakan itu adlh sikap meronta trhdap kekuasaan atas orang yg memberontak.
Tdk memandang siapa yg mmberontak dan siapa yg brkuasa, pemberontakan adalah pemberontakan.
Kemerdekan dan reformasi, adlh jg sbg hsl pmberontakan rakyat. Disebut revolusi atau people power.

syrbel - 08. Sep, 2010 -

bagus

gile lu . . . - 22. Sep, 2010 -

ini blog kayaknya udah nggak ada ide lagi…..
mana isinya miskin lagi … kayaknya elu ni yang jadi pemberontaknya sejarah … weeee….

Laskar AOI - 26. Sep, 2012 -

sungguh miris membaca artikel ini yg berjudul “INILAH DAFTAR 100 PEMBERONTAKAN DI NUSANTARA”, yg salah satunya adalah AOI di Somalangu Kebumen, apakah penulis sudah tahu sejarah yg sebenarnya tentang AOI? apakah penulis sdah pernah mewawancarai anggota keluarga yg pernah ikut AOI atau dengan Cucu syech Mahfudz (pemimpin AOI) yaitu KH. Afifudin Chanif Al hasani?atau penulis artikel ini cman pladiat,cman mengambil dari artikel” sejarah yg masih kabur kebenarannya?tolong penulis baca di http://koranampas.wordpress.com/2010/06/17/aoi-antara-pahlawan-dan-pemberontak/, smoga penulis terbuka matanya tentang kebenaran Pemberontakan AOI,
ingat SEJARAH AOI harus di luruskan, kami sebagai warga Somalangu tdk terima kalo AOI di cap sbgai PEMBERONTAK

blekok - 09. Okt, 2012 -

arti pemberontakan itu menyerang.menyerang gak harus dari pihak yang salah … ngerti semua adek2 ?

misalnya : indonesia menyerang/memberontak thd belanda

lha kalo pki memberontak belanda ?

pasti orang2 pada mikir jelek memberontak ke jelek ?

devi meliana - 05. Nov, 2012 -

tidak lengkap dengan tanggalnya

achmad - 22. Jan, 2013 -

semua tergantung persepsi masing2

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan