-->

Kronik Toggle

Inilah 4 Alasan Mengapa Naskah Anda Ditolak Penerbit

Nyaris setiap penulis memiliki pengalaman ditolak oleh penerbit. Tapi umumnya ada 4 alasan penerbit menolaknya sebagaimana tertuang dalam buku Saya Bermimpi Menulis Buku karya Bambang Trim (Kolbu, 2005: 35):

1. Naskah Anda memang tidak sesuai dengan visi dan misi penerbit atau lebih parah lagi Anda memang salah mengirimkan naskah. Misalnya, Anda mengirim naskah buku anak ke penerbit Yayasan Obor.

2. Naskah Anda tidak punya nilai jual (selling point) karena dianggap biasa-biasa saja atau tidak lebih hebat daripada buku pesaing. Atau karena memang penerbit tidak mengetahui potensi jual naskah Anda.

3. Naskah yang Anda tawarkan sama halnya dengan naskah yang sedang digarap penerbit; apalagi naskah yang digarap penerbit tersebut ditulis oleh penulis yang lebih baik dan lebih menarik isinya.

4. Naskah Anda sangat sensitif untuk diterbitkan yang berhubungan dengan masalah keselamatan, seperti menonjolkan SARA, isu gender, seks/pornografi, atau mengancam stabilitas nasional. (GM)

NB: Naskah Anda juga ditolak oleh penerbit yang memang sudah mematok standar: tak akan menerima naskah apa pun selain naskah yang dibuat oleh tim penulis bentukan penerbit itu sendiri.

7 Comments

teguh budi - 27. Agu, 2009 -

memang berat menjadi penulis… apalagi yang baru akan memulai.

umam noer - 28. Agu, 2009 -

ada kriteria yg bisa dipake buat patokan ga, misalnya tulisan ttg humaniora dikirim ke mana, ato tulisan ttg tema ini dikrim ke penerbit ini, biar gampang…

Putri Sarinande - 07. Sep, 2009 -

rajin-rajin cari informasi dums.. dan rajin berlatih juga (sembari saya menyindir diri sendiri yang ud malas berlatih, hehe)

Syamsudin - 23. Feb, 2010 -

Kalau maunya menulis, tulislah jangan ragu dan takut dulu. Takut idiom dengan belum masuk sudah keluar. Jika mau menang ya harus mau berjuang. Sukses atau tidak itu urusan nanti. Toh kegagalan itu buah dari kekurangan yang perlu dipelajari lebih lanjut. Sejelek apapun tulisan kita, itu adalah sebuah karya, belum tentu orang lain juga bisa.
Saya sendiri sedang berproses seperti ini dan merekapun yang sekarang punya nama besar dulu juga melewati phase ini.
Why not to write?

SHEDY - 12. Jun, 2010 -

BETUULL…!

saya juga ingin menerbitkan buku saya,tapii takut di bilang karya murahan…tapii saya selau chek visi misi mereka…dan saya menuliis dengan rasa percaya,,,”bahwa saya pastii bisa jadii penulis handaal…”

dinmi - 05. Mei, 2011 -

artikel pendek yg mencerahkan. thanks. aku juga nemu artikel tentang hal serupa, tapi ditulis dg gaya berbeda di http://www.smashwords.com/books/view/38335

sust - 19. Apr, 2013 -

saya sedang menulis tentang telekomunikasi pelayaran karena saya kerja sebagai operator radio pelayaran, namun saya belum tau ke mana saya akan cari penerbit untuk berdiskusi, terimakasih

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan