-->

Kronik Toggle

H.G. Sudibyo: Program Pembatasan Jam Nonton TV

PACITAN- “Untuk menyeimbangkan budaya membaca dan nonton tv, setiap desa seharusnya membuat program bersama masyarakat untuk membatasi jam nonton tv bagi anak-anak”, demikian dikatakan H. G. Sudibyo, Wakil Bupati Pacitan ketika ditemui Ibokoe usai upacara pemberangkatan Napak Tilas Route Gerilya Panglima Jenderal Sudirman SMA-SMK Se Jawa Tengah yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah di Monumen Jenderal Sudirman Pakisbaru, Nawangan, Pacitan hari ini (12/8/09).

 Sudibyo menambahkan, “Saat ini, budaya membaca itu sudah kalah dengan budaya televisi. Karena itu, menjadi tugas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk menyeimbangkan itu. Salah satunya dengan sosialisasi program pembatasan jam nonton tv bagi anak-anak. Ini bukan program yang muskhil bila dilaksanakan dengan kesadaran penuh dari masyarakat sendiri. Maka yang perlu dilakukan adalah sosialisasi kepada para pendidik, orang tua, dan PKK, mengenai pentingnya membaca sebagai media belajar bagi anak-anak dan efek negativ tv pada anak-anak bila dikonsumsi berlebihan. Program ini harus menjadi program desa, sehingga masyarakat mempunyai kontrol terhadap peraturan yang dibuatnya sendiri karena berdasarkan kesadaran”.

 Sebagai pecinta buku, Sudibyo mengakui bahwa membaca  buku itu penting karena informasi terus berubah, dan buku salah satu media untuk terus mengikuti perkembangan informasi. Maka perpustakaan harus dihidupkan. Beliau menyambut baik kehadiran Gelaran Buku Pakis yang dipandegai Indonesia Buku. Diharapkan, keberadaan Gelaran Buku dapat melengkapi peran Mobil Pintar yang selama ini berkeliling ke sekolah-sekolah.

 Mobil pintar adalah semacam perpustakaan keliling yang merupakan program dari Rumah Pintar hasil sumbangan Ibu Ani Yudhoyono dan istri-istri kabinet bekerjasama dengan Japan Foundation. Selama ini, mobil pintar berkeliling ke sekolah-sekolah beberapa pekan sekali dengan membawa buku-buku, pembelajaran multimedia, dan kader-kader buku. (DAVS)

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan