-->

Kronik Toggle

Eko Susanto: Kerja Produksi Buku itu seperti Kerja Seorang Bidan

Inilah daftar tugas seorang yang bekerja di bagian produksi buku. Sejak menyiapkan bahan, menyusun anggaran untuk mencetak, merancang buku, mencetak plate, hingga menghubungi bagian setting isi dan sampul.

“Lebih banyak pekerjaannya di luar ruang. Bersaing dengan bagian pemasaran. Bedanya, produksi dalam kota, pemasaran antar kota antar propinsi,” kata Eko Susanto kepada Indonesia Buku

Menurut kepala produksi buku Penerbit Insist Press Jogja ini, ada kepuasan sendiri menjadi bidan bagi lahirnya sebuah buku. “Puas sekali melihat buku yang kita buat dibaca orang lain di toko buku,” kata pekerja produksi sejak 2004 ini.

Namun Eko mengaku kerap bagian produksi ini tak dianggap. “Biasanya redaksi dan pemasaran. Karena kalau memproduksi buku sebanyak-banyaknya tapi tak ada pemasaran susah juga.”

Namun dilihat dari tugasnya, bagian produksi cukup vital. “Saya mengoordinir semua kemasan buku sampai turun cetak sebelum diserahkan ke pemasaran. Mencari desainer yang cocok, mencetak ukuran buku, jenis kertas. Bahkan mengantar honor tukang sampul pun kerap saya lakukan,” katanya. (GM)

2 Comments

sinta - 13. Agu, 2009 -

wah TOP buat mas eko! bidang yang sangat menarik…

teguh budi - 13. Agu, 2009 -

Sabar Kang… Siapapun musti ngerti, jika penerbitan adalah kerja tim. Kalaupun pada organisasi ada struktur yang harus dihormati orang-orang di dalamnya adalah hal yang lumrah……………….

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan