-->

Literasi dari Sewon Toggle

Buntelan dari Forum Jakarta Paris

Rabu 19 Agustus 2009. Satu kardus buntelan buku dari EFEO (Lembaga Kajian Prancis tentang Asia) datang ke Alun-Alun Kidul (Alkid) Yogyakarta. Terbitan dari Forum Jakarta Paris itu tebal-tebal, teoretik, historik. Beberapa waktu silam Gelaran Ibuku/Indonesia Buku pernah mengirim surat untuk pengadaan buku-buku buat gelaran buku di pelosok yang tak terjamah oleh helai-helai buku. Dan Pak Henri Chambert-Loir mengabulkan permohonan itu.

Walau buku-buku ini tebal, serius, teoretik, historik, dan bagusnya untuk konsumsi mahasiswa tingkat akhir itu, Gelaran Buku/Indonesia Buku “nekad” tetap menyalurkannya ke kawasan-kawasan yang berada di ujung peradaban paling modern sana. Karena kami beranggapan postif-positif saja bahwa anak-anak di sana kadang tak sebodoh yang kita perkirakan untuk memamah buku-buku tebal, serius, teoretik, dan historik pula. Apalagi kami bermimpi dari tempat-tempat di ujung margin buku itu muncul cendekiawan-intelektual belia.

Inilah 24 eksemplar buku-buku tebal, serius, teoretik, historik itu.

1. Katalog Beranotasi: Ensiklopedoa, Kamus, dan Daftar Istilah Bahasa Indonesia (1741-1995) karya Jerome Samuel (4 eksemplar)

2. Indocina: Persilangan Kebudayaan karya B.P. Groslier (4 eksemplar)

3. Ayo ke Tanah Sabrang: Transmigrasi di Indonesia karya Patrice Levang (4 eksemplar)

4. Lebur!: Seni Musik dan Pertunjukan dalam Masyarakat Madura karya Helene Bouvier (4 eksemplar)

5. Bujang Tan Domang: Sastra Lisan Orang Patalangan karya Tenas Effendy (4 eksemplar)

6. 25 Tahun Kerjasama: Dimensi Budaya dalam Membangun Persatuan Bangsa-Bangsa di Asia Tenggara (4 eksemplar)

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan